UT Perkuat Program Tridarma Perguruan Tinggi di Masyarakat

Selasa, 18 April 2023 - 13:49 WIB
loading...
UT Perkuat Program Tridarma Perguruan Tinggi di Masyarakat
MoU UT dengan PT Kukuh Mandiri Lestari terkait program Tridarma Perguruan Tinggi. Foto/UT.
A A A
JAKARTA - Universitas Terbuka (UT) memperkuat program tridarma pendidikan tinggi di tengah masyarakat. Salah satunya dengan program pemberdayaan masyarakat melalui desa binaan.

Rektor UT Prof Ojat Darojat mengatakan, pendidikan tinggi mengenal konsep tridarma perguruan tinggi yaitu pendidikan dan pengajaran, penelitian atau riset, dan pengabdian masyarakat.

"UT sebagai perguruan tinggi negeri yang menerapkan sistem pendidikan jarak jauh (PJJ) untuk melayani masyarakat dan meningkatkan taraf hidup masyarakat melalui pendidikan," ujar rektor, dalam keterangannya, Selasa (18/4/2023).

Dia menerangkan, UT menjangkau pelayanan pendidikan ke seluruh penjuru tanah air, yang saat ini tercatat ada 39 kantor wilayah UT (UPBJJ – Unit Program Belajar Jarak Jauh).

Baca juga: 5 Faktor yang Dapat Mempengaruhi Kelulusan SNBT 2023, Pendaftar Wajib Tahu

Dengan jangkauan yang luas di berbagai daerah, penting bagi UT untuk menjalin kerja sama dengan institusi lain demi mencerdaskan kehidupan bangsa.

Dalam hal ini, UT pun melakukan penandatanganan kerja sama dengan PT Kukuh Mandiri Lestari (PIK 2) tentang Penyelenggaraan Pendidikan, Penelitian, dan Pengadian kepada Masyarakat, Senin (17/4/2023) di gedung UTCC UT, Pondok Cabe, Tangerang Selatan.

MoU ditandatangani oleh Rektor UT dengan Direktur Utama Letnan Jenderal TNI (Mar) (Purn.) Dr. Nono Sampono dan Direktur II Yohanes Edmond Budiman.

"Kami ingin memberi dampak positif kepada masyarakat. Tak hanya tentang penataan lingkungan yang semakin sehat dan bagus namun juga terkait pendidikan, pemerataan ekonomi, dan lainnya," ucapnya.

Dia mengatakan, kerja sama kali ini untuk mengembangkan desa binaan di Teluk Naga, Tangerang. Menurutnya, UT juga mempunyai program yang sama di daerah lain. Program pemberdayaan masyarakat ini pun dilakukan di provinsi lainnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1460 seconds (0.1#10.140)