Pemerintah Sediakan Beasiswa LPDP bagi Para Musisi

Rabu, 19 April 2023 - 14:34 WIB
loading...
Pemerintah Sediakan Beasiswa LPDP bagi Para Musisi
Kemendikbudristek bersama LPDP menyediakan beasiswa bagi para musisi. Foto/BKHM.
A A A
JAKARTA - Kemendikbudristek bekerja sama dengan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan ( LPDP ) menyediakan dana beasiswa dan riset bagi para pelaku musik atau musisi . Ini merupakan perhatian pemerintah bagi peningkatan kompetensi para pelaku musik.

Hal ini disampaikan Direktur Jenderal Kebudayaan (Dirjenbud) Kemendikbudristek Hilmar Farid dalam konferensi pers jelang Sosialisasi Beasiswa dan Dana Riset bagi Pelaku Musik Indonesia yang dikemas dalam acara bertajuk “Musik Indonesia Keren Edisi Ramadhan”.

“Teman-teman musisi yang ingin sekolah lebih lanjut dimungkinkan dengan LPDP. Ada fasilitas di dana abadi kebudayaan. Dana Indonesiana. Dana ini bisa digunakan oleh musisi untuk mengembangkan kompetensi. Skema yang dibuat sifatnya layanan publik agar lebih tertata, kami bekerja sama dengan PAPPRI,” ujar Dirjen Kebudayaan Kemendikbudristek Hilmar Farid, dalam keterangan resmi, Rabu (19/4/2023).

Hal ini disampaikan Hilmar Farid dalam konferensi pers jelang Sosialisasi Beasiswa dan Dana Riset bagi Pelaku Musik Indonesia yang dikemas dalam acara bertajuk “Musik Indonesia Keren Edisi Ramadhan”.

Baca juga: 1.692 Mahasiswa Lolos IISMA, Kuliah 1 Semester di Kampus Top Dunia

Direktur Utama LPDP Andin Hadiyanto mendorong para musisi memanfaatkan bantuan yang disediakan. Sebab, dia mengungkapkan dari 36.200 beasiswa yang diberikan LPDP, masih sedikit musisi yang memanfaatkannya.

“Saya ingin lebih banyak lagi musisi yang mendaftar ke kampus berkualitas baik di dalam maupun luar negeri. Selain itu ada dana riset yang bisa digunakan mengembangkan keberlanjutan budaya kita,” tuturnya.

Sekretaris Jenderal PAPPRI, Dwiki Dharmawan pada kesempatan ini turut menyampaikan apresiasi dan dukungan atas inisiasi pemerintah dalam menyediakan beasiswa dan dana riset bagi pelaku musik Indonesia.

“Insan musik adalah bagian dari insan budaya di Indonesia, negara sudah menyediakan fasilitas yang hebat. Kami mendukung kerja sama LPDP dan Kemendikbudristek. Kami siap menjadi mitra untuk menyosialisasikan dan mendukung agar para pegiat seni bisa mendapat fasilitas pendidikan baik S1, S2, S3, maupun short course,” ujar Dwiki.

Baca juga: Beasiswa Persiapan Studi Doktoral Luar Negeri Dosen PPG Dibuka, Daftar di Link Ini

Senada dengan itu, Ketua Panitia Pelaksana HMN20, Once Mekel, menyampaikan, melalui momentum kegiatan ini, PAPPRI bekerja sama dengan LPDP dan Kemendikbudristek akan mendorong program beasiswa bagi pelaku musik dan dana riset bagi pelaku musik yang selama ini sangat diharapkan oleh insan musik di Indonesia.

“Sebagai upaya mewujudkan gagasan tersebut, LPDP dan Kemendikbudristek akan melakukan sosialisasi mengenai program beasiswa dan dana riset tersebut melalui acara “Musik Indonesia Keren Edisi Ramadhan” ini,” tandasnya.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1694 seconds (0.1#10.140)