FT Undip Masuk Top 5 Universitas Teknik Terbaik di Indonesia Versi EduRank 2023

Kamis, 20 April 2023 - 10:56 WIB
loading...
FT Undip Masuk Top 5 Universitas Teknik Terbaik di Indonesia Versi EduRank 2023
Fakultas Teknik Undip masuk peirngkat terbaik 5 sebagai universitas teknik terbaik di Indonesia versi EduRank 2023. Foto/Dok/SINDOnews.
A A A
JAKARTA - Fakultas Teknik Undip menduduki peringkat lima perguruan tinggi teknik terbaik di Indonesia menurut EduRank 2023. Capaian ini sesuai dengan komitmen meningkatkan kualitas sebagai salah satu kampus unggulan bidang Teknik di Tanah Air.

EduRank merupakan lembaga pemeringkatan independen yang menggunakan data dari indeks publikasi ilmiah dan sitasi sebagai dasar dari penentuan peringkatnya.

Berdasarkan pemeringkatan EduRank, Fakultas Teknik Universitas Diponegoro (Undip) berhasil menduduki posisi lima besar di Indonesia dan mendapat peringkat ke 628 di Asia untuk perguruan tinggi di kategori Teknik.

Tidak hanya itu, beberapa Jurusan di fakultas ini juga mendapatkan capaian yang cukup membanggakan. Fakultas Teknik Undip menjadi fakultas dengan Teknik Lingkungan terbaik di Indonesia, di mana Teknik Lingkungan di Fakultas Teknik Undip menduduki peringkat 1.

Baca juga: UI Ciptakan Masker dari Ekstrak Biji Markisa yang Kaya Antioksidan

Lalu untuk Teknik Transportasi, Fakultas Teknik menduduki peringkat 2 terbaik se Indonesia. Dan untuk Teknik Struktur serta Teknik Mesin menduduki peringkat 3 terbaik se Indonesia.

Menurut Dekan FT Undip Prof. Ir. M. Agung Wibowo, capaian sebagai peringkat kelima perguruan tinggi teknik terbaik di Indonesia ini merupakan sesuatu yang sudah sangat luar biasa.

Dia menjelaskan, peringkat FT Undip ini berkaitan dengan peringkat Undip sebagai universitas nomor satu dalam kategori Graduate Employability di Indonesia.

Sebagai fakultas yang berada di universitas nomor satu, sudah selayaknya Fakultas Teknik bisa menunjukkan kualitasnya dalam bersaing dengan perguruan tinggi teknik lainnya yang berusia lebih tua dan lebih lama berkiprah di dunia pendidikan teknik.

Baca juga: Update Sekolah Kedinasan 2023, PKN STAN Unggul Sementara dengan 9.197 Pelamar

Prof. Agung berpesan bahwa Fakultas Teknik harus terus bergerak demi menjaga nama baik ini. Bagi beliau, Fakultas Teknik kini bisa mencapai posisi ini karena tatakelola yang baik dan sumber daya manusia yang kuat dan handal. “Mari kita terus bergerak, terus menjaga marwah dari Fakultas Teknik ini,” katanya, dikutip dari laman Undip, Kamis (20/4/2023).

Harapan ke depannya, semoga dengan capaian ini Fakultas Teknik bisa meningkatkan kualitas pendidikan dan juga mutu risetnya sehingga bisa menjadi perguruan tinggi teknik terbaik di Indonesia.

Dikutip dari laman EduRank, berikut ini lima perguruan tinggi teknik terbaik di Indonesia versi EduRank 2023.

5 Universitas Teknik Terbaik di Indonesia Versi EduRank 2023

1. Institut Teknologi Bandung (ITB)


Peringkat di Asia: 354
Peringkat di dunia: 945

2. Universitas Indonesia (UI)


Peringkat di Asia: 407
Peringkat di dunia: 1.065

3. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)


Peringkat di Asia: 512
Peringkat di dunia: 1.280

4. Universitas Gadjah Mada (UGM)


Peringkat di Asia: 524
Peringkat di dunia: 1.301

5. Universitas Diponegoro (Undip)


Peringkat di Asia: 628
Peringkat di dunia: 1.519.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1778 seconds (0.1#10.140)