Memperingati Hari Kartini, Ini 10 Rektor Perempuan Indonesia yang Menginspirasi

Jum'at, 21 April 2023 - 09:02 WIB
loading...
Memperingati Hari Kartini, Ini 10 Rektor Perempuan Indonesia yang Menginspirasi
Memperingati Hari Kartini, berikut 10 rektor perempuan di Indonesia yang menginspirasi. Salah satunya Rektor UGM Prof Ova Emilia. Foto/Dok/UGM.
A A A
JAKARTA - 10 rektor perempuan di perguruan tinggi ternama di Indonesia ini memberikan bukti bahwa seorang perempuan dapat memiliki kapasitas untuk memimpin institusi pendidikan tinggi.

Para rektor perempuan ini terpilih karena prestasi dan kinerjanya yang unggul, tak kalah dari kaum lelaki. Bahkan para perempuan hebat ini sanggup membuat inovasi dan terobosan-terobosan keren sehingga kampus yang dipimpinnya semakin maju dan berkembang.

Berdasarkan hasil penelusuran tim Litbang MPI, berikut ini 10 rektor perempuan di universitas ternama di Indonesia, baik yang masih maupun pernah menjabat.


10 Rektor Perempuan Indonesia di PTN dan PTS

1. Prof. Ova Emilia - UGM


Pada Mei 2022, Prof. dr. Ova Emilia, M.Med.Ed.,Sp.OG(K)., Ph.D. dilantik menjadi Rektor Universitas Gadjah Mada (UGM) untuk masa bakti 2022-2027.

Sebelum menjabat sebagai rektor, Ova adalah Dekan Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan Universitas Gadjah Mada (FK-KMK UGM), yang dijabatnya selama dua periode. Usai menamatkan pendidikan dokter di FK UGM, Ova meneruskan S2 Medical Education di University of Dundee Skotlandia.

Setelah itu, ia mengambil pendidikan dokter spesialis dan dokter subspesialis Obstetri dan Ginekologi di Fakultas Kedokteran UGM, serta program S3 di University of New South Wales, Australia.

2. Prof. Reini Wirahadikusumah - ITB


Saat ini Institut Teknologi Bandung (ITB) dipimpin oleh Prof. Reini Wirahadikusumah, Ph.D. Ia merupakan rektor perempuan pertama ITB, yang menjabat untuk periode 2020-2025.

Lulusan Teknik Sipil ITB tahun 1991 ini meraih gelar magister dan doktor di bidang teknik sipil dari Universitas Purdue, Amerika Serikat.

Baca juga: Mengenal RA Kartini, Pahlawan Nasional Pejuang Emansipasi Wanita

Sebelum menjadi rektor, Reini merupakan guru besar sekaligus ketua Kelompok Keahlian Manajemen dan Rekayasa Konstruksi, Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan ITB.

3. Prof. Rina Indiastuti - Unpad


Prof. Dr. Rina Indiastuti, S.E., M.SIE terpilih sebagai Rektor Universitas Padjadjaran (Unpad) periode 2019-2024. Sebelumnya, Rina adalah merupakan guru besar pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpad.

Prof Rina merampungkan kuliah S1 Ekonomi dan Studi Pembangunan Unpad pada 1984. Kemudian ia meneruskan pendidikan hingga memperoleh gelar magister Manajemen Industri dari ITB dan doktor Ekonomi Industri dari Osaka Prefecture University, Jepang.

Sebelumnya, Rina pernah menjadi Sekretaris Ditjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristekdikti RI periode 2017-2019.

4. Prof. Dyah Sawitri - Uniga


Pada 2020, Prof. Dr. Dyah Sawitri, S.E., MM kembali dipercaya sebagai Rektor Universitas Gajayana Malang (Uniga) untuk periode 2020-2024.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2221 seconds (0.1#10.140)