6 Peristiwa Bersejarah Dunia yang Terjadi di Bulan Ramadan, No 4 Puncak Perjuangan RI

Minggu, 23 April 2023 - 07:10 WIB
loading...
6 Peristiwa Bersejarah Dunia yang Terjadi di Bulan Ramadan, No 4 Puncak Perjuangan RI
6 peristiwa bersejarah di dunia yang terjadi di bulan Ramadan untuk menambah wawasanmu. Foto/Dok/SINDOnews.
A A A
JAKARTA - Artikel kali ini akan membahas 6 peristiwa bersejarah dunia yang kejadiannya berlangsung di bulan ramadan . Ada apa saja?

Bulan ramadan menjadi bulan yang ditunggu-tunggu oleh seluruh umat muslim di dunia. Bulan ramadan menjadi momen untuk memperkuat ibadah kepada Allah SWT, perbanyak amal soleh, berzikit, bersedekah untuk mengharap ridha Allah SWT.

Bulan ramadan juga menjadi momentum bagi para perantau baik yang sedang bekerja, menjalani pendidikan, ataupun tugas lainnya di kota lain untuk mudik, saling memperkuat silaturahmi dengan sanak keluarga.

Namun tahukah kamu kalau di bulan penuh berkah bagi umat muslim ini juga pernah terjadi beberapa peristiwa sejarah penting di dunia? Dikutip dari laman Ruangguru, berikut ini informasinya.

Baca juga: Dosen Unair: Ini 4 Kebiasaan Buruk Saat Merayakan Idulfitri

6 Peristiwa Bersejarah Dunia yang Terjadi di Bulan Ramadan

1. Turunnya Al-Qur'an


Al-Qur’an adalah kitab suci utama dalam agama Islam ini diperkirakan turun pada malam Lailatul Qodr. Umat Muslim senantiasa mengingat hari istimewa dalam sejarah Islam ini.

Al-Qur’an ini juga diturunkan secara berangsur-angsur dan memakan waktu sampai 23 tahun lamanya. Surat Al-Alaq ayat 1-5 menjadi ayat Al-Qur’an yang diturunkan untuk pertama kalinya.

2. Fathul Makkah


Fathul Makkah merupakan peristiwa kemenangan umat Islam atas kaum kafir Quraisy. Rasullulah SAW bersama pasukannya menyerang dengan berani kaum Quraisy yang menyembah berhala.

Rasulullah menyebut peristiwa ini sebagai hari kasih sayang karena tak terjadi pertumpahan darah melainkan hanya perikaian kecil. Kaum Muslim membersihkan Ka'bah dari berhala-berhala dan mengembalikan kesucian Ka'bah.

3. Proklamasi Kemerdekaan RI


17 Agustus 1945 diperingati di Indonesia setiap tahunnya sebagai Hari Proklamasi atau Hari Kemerdekaan RI. Hari ini menjadi hari libur nasional dan upacara bendera berlangsung di semua tempat.

Namun tahukah kamu Hari Proklamasi RI ternyata bertepatan dengan bulan Ramadan, tepatnya pada 9 Ramadan 1334 H (Hijriah)?

Peristiwa Proklamasi Kemerdekaan RI membuktikan , bulan Ramadan ternyata memiliki makna khusus tak hanya bagi umat muslim di Indonesia namun juga bagi seluruh masyarakat di Tanah Air.

Baca juga: Tips Merayakan Lebaran bagi Mahasiswa di Tanah Rantau

Hal menarik lainnya yang penting diketahui, Bung Karno ternyata meminta saran dari beberapa ulama dalam memersiapkan kemerdekaan. Penetapan tanggal 17 Agustus itu pun merupakan saran yang diberikan oleh seorang ulama Muhammadiyah K. H Abdoel Moekti.

4. Perebutan Sunda Kelapa


Kali ini adalah peristiwa cikal bakal kota Jakarta yang dikenal dengan peristiwa Sunda Kelapa.
Peristiwan ini ternyata bertepatan di bulan Ramadan atau pada 22 Ramadan 933 H atau 22 Juni 1527 M oleh Fatahillah dari kekuasaan Portugis.

Fatahillah adalah panglima perang dari Kerajaan Islam Demak. Pertempuran antara Portugis dan pasukan panglima Fatahillah pada akhirnya ditutup dengan kekalahan pasukan Portugis. Peristiwa ini yang dirayakan sebagai hari jadi kota Jakarta.

5. Penaklukan Andalusia (Spanyol)


Negara Spanyol ternyata punya kaitan sejarah dengan Islam. Ceritanya adalah ketika abad ke-5, Spanyol dipimpin oleh seorang raja yang berlaku tidak adil pada rakyatnya, bernama Rodriguez. Thariq bin Ziyaad yang memimpin pasukan Islam yang jumlahnya tidak lebih dari 7000 pasukan melawan 100.000 pasukan Rodriguez, pada akhirnya berhasil menaklukkan Andalusia pada 28 Ramadan 92 H dengan perang selama 8 hari lamanya.

6. Perang Badar


Peristiwa dunia yang terjadi di bulan Ramadan lainnya adah Perang Badar yang menjadi salah satu peristiwa penting bagi kaum Muslim.

Berdasarkan catatan sejarah, perang ini terjadi pada hari ke-17 Ramadan atau tepatnya pada 13 Maret tahun 624 Masehi di kota Badar. Perang ini terjadi antara Muslim yang dipimpin oleh Nabi Muhammad SAW melawan Suku Quraisy dari Mekah.

Demikian 6 peristiwa sejarah dunia yang terjadi bertepatan dengan bulan Ramadan. Semoga informasi ini bermanfaat bagi pembaca setia SINDOnews.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2631 seconds (0.1#10.140)