Pimpin Hardiknas, Ganjar Minta Maksimalkan Kemampuan Siswa dan Guru demi Kemajuan Pendidikan

Selasa, 02 Mei 2023 - 20:59 WIB
loading...
Pimpin Hardiknas, Ganjar Minta Maksimalkan Kemampuan Siswa dan Guru demi Kemajuan Pendidikan
Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo. Foto/Dok/Ist
A A A
JAKARTA - Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo memimpin upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) di Kantor Gubernur Jawa Tengah, Selasa (2/5/2023). Upacara tersebut juga menjadi upacara Hardiknas terakhir yang dipimpin oleh Ganjar sebagai gubernur.

Pada kesempatan tersebut, Ganjar memberikan tiga poin penting untuk mengembangkan dunia pendidikan di Jawa Tengah.



Poin pertama yang disampaikan oleh Ganjar adalah bahwa akses pendidikan harus semakin banyak dan merata, dan mereka yang tidak mampu harus dibantu oleh negara. Dalam hal ini, Ganjar menegaskan bahwa akses pendidikan yang mudah harus tersedia bagi seluruh kalangan masyarakat, tanpa terkecuali.

Hal ini penting agar semua orang dapat mengakses pendidikan dan memperoleh kesempatan yang sama untuk mengembangkan potensi diri.

"Akses pendidikan harus semakin banyak makin merata dan mereka yang tidak mampu harus dibantu negara," ujar Ganjar.



Selama menjabat, Ganjar memang diketahui telah melakukan berbagai upaya untuk mewujudkan pendidikan yang berkualitas di Jawa Tengah. Misalnya, Ganjar mengratiskan biaya SPP sekolah di Jateng. Bahkan, sekolah swasta juga tidak luput dari perhatian Ganjar.

Tak hanya itu, politisi PDIP ini juga sangat menaruh perhatian terhadap guru dan pegawai honorer di lingkungan pendidikan. Dia bahkan mengucurkan ratusan miliar kepada guru dan pegawai honorer.

Kebijakan yang dibuat, misalnya menetapkan honorarium Guru Tidak tetap sesuai UMK daerah ditambah 10 persen. Bagi pegawai tidak tetap mendapatkan hak sesuai UMK masing. Dulu, mereka hanya menerima Rp200 ribu , kini mencapat Rp2,3 juta per bulan atau bahkan lebih.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2295 seconds (0.1#10.140)