Sederet Universitas Jepang Terbaik di Dunia Versi EduRank 2023

Jum'at, 05 Mei 2023 - 15:02 WIB
loading...
Sederet Universitas Jepang Terbaik di Dunia Versi EduRank 2023
Universitas Tokyo, Jepang. Foto/Dok/Ist
A A A
JAKARTA - Jepang adalah salah satu negara yang menjadi tujuan pelajar dari berbagai negara untuk meneruskan studinya. Tidak heran, sebab Jepang merupakan negara maju di Asia yang institusi pendidikannya terbilang bagus.

Hal ini dibuktikan pula dengan masuknya beberapa universitas di Jepang dalam daftar 100 universitas terbaik di dunia menurut EduRank tahun 2023.

Berikut 3 universitas Jepang terbaik di dunia versi EduRank 2023:


1. Universitas Tokyo

Universitas Tokyo didirikan pada 1877 sebagai universitas nasional pertama di Jepang. Universitas Tokyo menawarkan hampir semua disiplin akademik di tingkat sarjana dan pascasarjana.

Bukan hanya memberikan para mahasiswanya lingkungan akademik yang kaya dan beragam, Universitas Tokyo juga bertujuan memastikan peluang untuk pengembangan intelektual dan perolehan pengetahuan serta keterampilan profesional para mahasiswanya.

Dilansir dari EduRank 2023, Universitas Tokyo berhasil meraih posisi ke-18 sebagai universitas terbaik di dunia. Selain itu, baik di tingkat Asia maupun di Jepang sendiri, universitas ini berada di peringkat pertama. Ada sebanyak 4.624 mahasiswa internasional yang kuliah di Universitas Tokyo.

2. Universitas Kyoto

Selanjutnya, ada Universitas Kyoto. Universitas ini didirikan berdasarkan peraturan kekaisaran pada 18 Juni 1897 dan merupakan universitas kedua yang didirikan di Jepang.

Saat ini Universitas Kyoto memiliki 10 fakultas, 18 sekolah pascasarjana, 13 belas lembaga penelitian dan 23 lembaga pendidikan. Jumlah mahasiswa internasional yang kuliah di Universitas Kyoto sebanyak 2.700 orang.

Dalam daftar 100 universitas terbaik dunia versi EduRank 2023, Universitas Kyoto menduduki posisi ke-55. Universitas ini merupakan universitas kedua terbaik di Jepang dan ketiga terbaik di Asia.

Universitas Kyoto memiliki visi menjadi pusat penelitian dengan standar global tertinggi dan menciptakan individu yang mampu mengambil posisi kepemimpinan dan berkontribusi untuk dunia.

3. Universitas Osaka

Universitas Osaka merupakan universitas modern pertama di Jepang yang didirikan pada tahun 1931. Kampus ini memiliki 11 sekolah sarjana dan 16 sekolah pascasarjana. Terdapat 2.590 mahasiswa internasional yang menempuh pendidikan di Universitas Osaka.

Menurut EduRank 2023, Universitas Osaka menempati peringkat 96 sebagai universitas terbaik di dunia. Di Jepang, Universitas Osaka berada di posisi 3 terbaik. Sementara di Asia, kampus ini ada di peringkat ke-6.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.9737 seconds (0.1#10.140)