Di Balik UTBK-SNBT Ada Potret Perjuangan Orang Tua, Rela Antar dan Menunggu Berjam-jam

Kamis, 11 Mei 2023 - 11:20 WIB
loading...
Di Balik UTBK-SNBT Ada Potret Perjuangan Orang Tua, Rela Antar dan Menunggu Berjam-jam
Sejumlah orang tua terlihat menunggu anaknya yang tengah mengikuti UTBK-SNBT di Universitas Indonesia. Foto/Dok/UI
A A A
JAKARTA - Pada pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer-Seleksi Nasional Berbasis Tes ( UTBK-SNBT ) 2023 hari ke dua, Selasa (9/5/2023) yang dilaksanakan di Kampus Salemba dan Depok, Universitas Indonesia (UI) masih terlihat para orang tua mengantar dan menunggui anak-anaknya selesai ujian.

Di Kampus Depok, ada peserta ujian dan orang tuanya yang sudah standby di lokasi ujian sekitar pukul 6 pagi, sekalipun ujian dimulai pukul 06.45 WIB.



Seperti tampak di depan lokasi ujian di Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya (FIB) UI, baik di Gedung 8 dan Gedung 5, para orang tua maupun pendamping peserta ujian duduk di kursi yang disediakan maupun di seputar taman.

Di Gedung 8 terdapat lima ruangan yang dipergunakan sebagai tempat ujian, dengan total 83 peserta ujian hari itu. Dua peserta ujian tidak hadir kemarin.

Sebagai orang tua yang berharap anaknya lolos ujian UTBK-SNBT, kegelisahan maupun perasaan campur-aduk berusaha disingkirkan dengan bertegur sapa menunggu waktu ujian anak mereka usai.



“Saya dari Kelapa Gading, Jakarta Utara,” kata seorang ibu yang duduk di dekat pintu keluar gedung ujian. Ia mengungkapkan, sejak pagi mereka sudah berkendara berangkat dari Kelapa Gading menuju Depok. “Lebih baik menunggu di sini, daripada anak saya telat,” katanya.

Tidak jauh dari tempat duduknya, terlihat seorang bapak yang duduk tenang, melipat tangan. Pria bernama FX Didik tersebut mengantarkan anak bungsunya. Sejak subuh, dengan bermotor mereka meninggalkan Jakarta Timur.

“Saya seorang supir angkot dari Cipayung,” ujarnya. “Yang ujian ini anak bungsu saya, dari 4 anak. Dia ingin masuk FKUI,” katanya kalem.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1896 seconds (0.1#10.140)