Segini Biaya Kuliah ITS di Jalur Mandiri 2023 untuk Semua Jurusan

Jum'at, 12 Mei 2023 - 07:30 WIB
loading...
Segini Biaya Kuliah ITS di Jalur Mandiri 2023 untuk Semua Jurusan
Rincian biaya kuliah ITS di jalur mandiri untuk semua jurusan kuliah. Foto/Dok/Humas ITS.
A A A
JAKARTA - ITS membuka jalur seleksi mandiri pada 5 Juni mendatang. Sebeum bersiap mendaftar ada baiknya mengetahui berapa biaya kuliah calon mahasiswa di jalur seleksi mandiri ini.

Jalur Seleksi Mandiri ITS terbuka untuk lulusan SMA/MA/SMK sederajat yang lulus tiga tahun terakhir yaitu lulusan tahun 2021, 2022, dan 2023.

Seleksi menggunkan nilai tes tulis (SMITS) dengan dukungan prestasi akademik dan non akademik. Nilai rapor dan deskripsi diri juga dipertimbangkan.

Seleksi Mandiri Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) dibuka untuk menjaring calon mahasiswa berkualitas dan membuka kesempatan berupa alternatif seleksi dengan tes tulis, selain melalui SNBT.

3 Komponen Biaya Pendidikan Seleksi Mandiri ITS


1. Sumbangan Pengembangan Pendidikan (SPP) dibayarkan setiap awal semester sebelum memasuki perkuliahan. Besaran biaya ditentukan ITS dengan memertimbangkan kemampuan orang tua melalui prosedur pelaporan saat daftar ulang.

2. Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI). Mahasiswa harus membayar SPI sekali selama terdaftar sebagai mahasiswa saat daftar ulang

3. Sumbangan Pengembangan Akademik (SPA). SPA dibayar tiap semester bersamaan dengan pembayaran SPP mulai semester 2 hingga semester 6.

Baca juga: Banyak Rektor Mengadu, Nadiem Diminta Lebih Sering Turun ke Kampus-kampus

Calon mahasiswa perlu mengetahui jika SPI adalah tarif minimal per mahasiswa yang dibayarkan satu kali saat daftar ulang.

Sementara SPA adalah tarif tetap yang dibayarkan tiap semester bersamaan dengan pembayaran SPP, yaitu dibayar pada semester 2 hingga semester 6.

Dikutip dari laman resmi ITS, berikut ini besaran SPP, SPI, dan SPA untuk mahasiswa yang diterima di Seleksi Mandiri ITS

SPP Seleksi Mandiri ITS 2023


1. Kategori 1: Rp7.5 juta
2. Kategori 2: Rp10 juta
3. Kategori 3: Rp12,5 juta

SPI dan SPA Seleksi Mandiri ITS 2023

Fakultas Sains dan Analitika Data


1. Program studi Fisika
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1228 seconds (0.1#10.140)