Apa Saja yang Dipelajari di Universitas Pertahanan? Ini Penjelasannya

Jum'at, 12 Mei 2023 - 17:14 WIB
loading...
Apa Saja yang Dipelajari di Universitas Pertahanan? Ini Penjelasannya
Universitas Pertahanan merupakan perguruan tinggi yang berfokus dalam mempelajari ilmu pertahanan. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Universitas Pertahanan merupakan perguruan tinggi yang berfokus dalam mempelajari ilmu pertahanan. Universitas yang satu ini memberikan kesempatan kepada para perwira TNI dan masyarakat sipil untuk mempelajari dan memperdalam ilmu pertahanan dari berbagai sudut pandang.

Dalam sejarahnya, Universitas Pertahanan resmi ditetapkan sebagai perguruan tinggi berdasarkan surat Mendiknas nomor 29/MPN/OT/2009 tanggal 6 Maret 2009. Peresmian kampus militer ini dilakukan oleh Presiden ke-6 RI yaitu Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Istana Negara, pada 11 Maret 2009.


Lantas, apa saja yang akan dipelajari mahasiswa di Universitas Pertahanan ini? Berikut ulasannya.

Dalam perkembangannya, Universitas Pertahanan atau disebut juga dengan Unhan ini menyediakan berbagai jenjang pendidikan, mulai dari jenjang S1, S2 hingga doktoral atau S3.

Pada jenjang S1 kampus ini menawarkan beberapa fakultas yang bisa dipilih mahasiswanya seperti Fakultas Kedokteran Militer, Fakultas Farmasi Militer, Fakultas MIPA Militer, dan Fakultas Teknik Militer.

Berlanjut pada jenjang S2, Unhan juga menawarkan fakultas yang tak kalah menarik diantaranya seperti Fakultas Strategi Pertahanan, Fakultas Manajemen Pertahanan, Fakultas Keamanan Nasional, dan Fakultas Teknologi Pertahanan.

Sementara itu, untuk jenjang S3 nya sendiri, Universitas Pertahanan hanya menyediakan satu fakultas saja yaitu Fakultas Ilmu Pertahanan.



Meskipun Universitas Pertahanan banyak mempelajari studi kemiliteran, perguruan yang ada di bawah naungan Kemendikbudristek ini ternyata berbeda dengan Akademi Militer.

Proses pembelajaran dalam Universitas Pertahanan tidak dibina secara militer. Namun para mahasiswanya tetap mendapatkan pelatihan bela negara pada awal masa studi mereka.

Sistem pendidikan pun lebih terbuka layaknya perguruan tinggi umum lainnya. Mahasiswa Unhan bisa mencicipi program Kampus Merdeka yang tengah dicanangkan oleh pemerintah.

Mahasiswa Unhan juga akan mendapatkan pengembangan kepribadian nasional dengan pembentukan karakter bangsa. Secara spesifik, mereka juga akan menguasai ilmu pertahanan dan sistem pertahanan melalui konsep teoritis.

Setelah lulus dari pendidikan, para mahasiswa S1 Unhan nantinya akan mendapatkan gelar sarjana di bidang ilmu pertahanan. Berbeda dengan lulusan Akmil, mereka nantinya akan lulus sebagai diploma IV yang menyandang gelar Sarjana Terapan Pertahanan.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1654 seconds (0.1#10.140)