Mengenal 3 Perbedaan ITB Ganesha, Jatinangor, dan Cirebon

Sabtu, 13 Mei 2023 - 13:57 WIB
loading...
Mengenal 3 Perbedaan ITB Ganesha, Jatinangor, dan Cirebon
Terdapat tiga perbedaan ITB Ganesha, Jatinangor, dan Cirebon yang bisa diketahui. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Terdapat tiga perbedaan ITB Ganesha, Jatinangor, dan Cirebon yang bisa diketahui. Tiga kampus Institut Teknik Bandung (ITB) ini merupakan salah satu bentuk dari rencana pengembangan Perguruan Tinggi .

Dilansir dari laman resmi ITB, kebijakan pengembangan tersebut merupakan elemen dari misi mewujudkan ITB sebagai lembaga penelitian teknologi dan institusi pendidikan terkemuka di Indonesia, dan Asia Pasifik, menuju ITB World Class University (WCU).

Demi mencapai tujuan tersebut ITB telah mengembangkan beberapa kampus. Di antaranya yaitu, ITB Kampus Ganesha, ITB Kampus Jatinangor, dan ITB Kampus Cirebon.


Perbedaan ITB Ganesha, Jatinangor, dan Cirebon

Dari ketiga kampus yang telah dikembangkan oleh ITB ini memiliki beberapa perbedaan terkait lokasi, luas kampus, dan program studi yang tersedia.

1. Lokasi

ITB Kampus Ganesha menjadi kampus utama yang terletak di Jalan Ganesha, Bandung, Jawa Barat. Sementara Kampus Jatinangor terletak di Sayang, Kecamatan Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Kemudian untuk ITB Kampus Cirebon berada di Kecamatan Arjawinangun Kabupaten Cirebon.


2. Luas Wilayah

Meskipun menyandang predikat sebagai kampus utama ITB Ganesha hanya punya luas 28 hektar, walau kedepannya wilayah itu akan terus mengalami perluasan.

Untuk Kampus Jatinangor menjadi yang paling luas saat ini dengan ukuran 47 hektar, disusul dengan Kampus Cirebon yang punya luas 30 hektar.

3. Program Studi

Perbedaan selanjutnya terletak pada prodi yang disediakan. Dimana Kampus Jatinangor tersedia prodi di bidang kehutanan dan pertanian, bidang geodesi, serta bidang ekonomi dan manajemen yang tidak ada pada kampus utama maupun Cirebon.

Sementara pembagian prodi di Kampus Cirebon sendiri sebagian besar sama dengan kampus utama, seperti Teknik Industri, Teknik Pertambangan, Teknik Perminyakan contohnya.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.4994 seconds (0.1#10.140)