229 Kampus Jalin Kerja Sama dalam Program Praktisi Mengajar

Rabu, 17 Mei 2023 - 05:00 WIB
loading...
229 Kampus Jalin Kerja Sama dalam Program Praktisi Mengajar
Sebanyak 229 perguruan tinggi menjalin kerja sama dalam program Praktisi Mengajar. Foto/BKHM.
A A A
JAKARTA - Sebanyak 229 perguruan tinggi dari total 245 universitas pelaksana, menandatangani perjanjian kerja sama pelaksanaan Program Praktisi Mengajar Angkatan 2 Tahun 2023. Program ini diinisiasi agar lulusan perguruan tinggi lebih siap masuk dunia kerja.

Pelaksana tugas (Plt.) Direktur Kelembagaan dan Sumber Daya Pendidikan Tinggi Vokasi, Muhammad Fajar Subkhan, mengungkapkan bahwa Program Praktisi Mengajar merupakan wadah kemitraan dan penyelarasan pendidikan vokasi dengan dunia usaha dan dunia industri.

“Kita semua menyadari, bahwa sistem pendidikan perlu disesuaikan guna menghubungkan teori dan praktik di lapangan, supaya pembelajaran di perguruan tinggi lebih relevan dengan perubahan sosial budaya serta kebutuhan dunia kerja, dan lulusan yang dihasilkan menjadi intelektual yang siap berkarya,” katanya, melalui siaran pers, Rabu (17/5/2023).

Baca juga: Hilang Semangat Gara-gara Putus Cinta, Ini Kata Dosen Psikologi UMM

Kepala Program Praktisi Mengajar, Gamaliel Waney, menerangkan bahwa pelaksanaan Program Praktisi Mengajar Angkatan 1 Tahun 2022 lalu mendapatkan penerimaan yang sangat baik dari perguruan tinggi, dosen, praktisi, dan tentunya juga mahasiswa.
Pelaksanaan angkatan pertama telah menghasilkan lebih dari 4.500 mata kuliah kolaborasi yang melibatkan ribuan praktisi di lebih dari 250 perguruan tinggi di seluruh Indonesia.

Selanjutnya, Gamaliel juga menambahkan pada pelaksanaan angkatan kedua tahun 2023, terdapat peningkatan yang signifikan baik dari jumlah mata kuliah kolaborasi maupun jumlah praktisi.

Sebanyak 4.738 praktisi akan hadir di kelas kelas perkuliahan dengan 7.935 mata kuliah kolaborasi yang akan dilaksanakan. Angka ini meningkat signifikan di mana tahun lalu terdapat 4.046 praktisi yang terlibat dan 4.966 mata kuliah kolaborasi.

“Besar harapan kami, dengan terjadinya Kegiatan Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama hari ini, dapat memperkuat komitmen kita bersama dalam penyelenggaraan program agar dapat mendorong terwujudnya sinergi yang lebih solid,” ucap Gamaliel.

Baca juga: Mengenal 4 Kampus Terbaik di Melbourne Versi Edurank 2023

Senada dengan itu, Rektor Universitas Cahaya Bangsa, Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan, Sri Erliani, menyampaikan apresiasi atas program Praktisi Mengajar Angkatan 1 tahun 2022 yang terselenggara di perguruan tinggi yang dipimpinnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1140 seconds (0.1#10.140)