Bangga! Mahasiswa UGM Raih Juara International BIM Innovation Contest CEIC XI

Rabu, 17 Mei 2023 - 19:13 WIB
loading...
A A A
Alfiandika menjelaskan pada babak final yang berlangsung di Kampus Universitas Diponegoro, Kota Semarang, Jawa Tengah, berbagai kegiatan harus dilalui tim di antaranya final presentation, free time, seminar nasional, dan awarding. Rangkaian kegiatan tersebut dilaksanakan selama 3 hari, dari 4 - 6 Mei 2023.

Dia menjelaskan, Tim Gamaian UGM pada kompetisi ini membawa gagasan proyek gedung yang didesain dengan prinsip BIM yang komprehensif, efektif, dan berkelanjutan. Desain yang dilakukan meliputi aspek struktural, arsitektural, MEP, dan mempertimbangkan aspek dampak lingkungan.

Gagasan tersebut, menurut Alfiandika, selaras dengan tema lomba yang menuntut desain gedung yang durable tetapi tetap sustainable. Salah satu inovasi yang ditawarkan adalah penggunaan bioclimatic façade yang didesain ulang sedemikian rupa sehingga mampu mengoptimalkan fungsi façade dan mampu mengefisiensikan penggunaan energi pada gedung.

“Penggunaan software elemen hingga untuk melakukan desain sambungan pada elemen struktural yang bisa terintegrasi dengan software analisis struktur dinilai menjadi aspek desain struktural yang komprehensif sekaligus efektif," paparnya.
(mpw)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2777 seconds (0.1#10.140)