Tingkatkan Kualitas Pendidikan, PSF-SDO Jangkau 450 Guru dan 110 Pelajar di Samarinda

Senin, 22 Mei 2023 - 17:28 WIB
loading...
A A A
Sementara itu, Guru Binar hadir sebagai respon terhadap pandemi Covid-19 yang berdampak pada akses pengembangan profesional guru di Indonesia. Namun, khusus di Samarinda, Guru Binar juga mengembangkan materi belajar yang membantu para siswa untuk meningkatkan kompetensi berbahasa Inggris mereka.

“Kami senang sekali bisa menjangkau rekan-rekan pendidik dan pelajar di Samarinda melalui program-program di bawah inisiatif PSF-SDO. Terlebih lagi inisiatif ini sejalan dengan usaha pemerintah kota Samarinda untuk meningkatkan pemerataan akses pendidikan," kata Juliana, Head of Program & Development, PSF-SDO di Samarinda, Senin (22/5/2023).

"Oleh karena itu, dukungan dari pemerintah sebagai salah satu partner, menjadi salah satu kunci keberhasilan program. Selain dengan pemerintah kota, kami juga menggandeng mitra-mitra strategis lainnya, seperti lembaga atau pihak swasta yang memiliki kepedulian dan komitmen untuk mendukung peningkatan kualitas pendidikan di Samarinda," tambahnya.

Dukungan dari kedua pihak ini, lanjut dia, program Professional Development Program dan Guru Binar akan semakin kuat dan dapat memberikan kesempatan yang semakin luas dan merata bagi para pendidik dan pelajar di samarinda.

Dari kedua program yang dijalankan PSF-SDO di Samarinda, terlihat jelas bahwa, keberlangsungan kegiatan berjalan lancar karena mendapat dukungan dari berbagai pihak yang memiliki kepedulian yang sama terhadap peningkatan kualitas pendidikan di Samarinda.

Dukungan yang utama datang dari pemerintah kota Samarinda yang membukakan akses kepada para peserta. Keterlibatan pemerintah kota Samarinda antara lain adalah mensosialisasikan kepada sekolah-sekolah di Samarinda mengenai program dan pendaftaran peserta, proses penyeleksian peserta, hingga pendampingan.

Dengan adanya dukungan dari pemerintah kota Samarinda, PSF mengharapkan selanjutnya program yang telah dijalankan dapat diteruskan secara mandiri, sehingga mencapai manfaat yang maksimal, merata, dan berkelanjutan.

Selain pemerintah kota, program SDO juga didukung penuh oleh beberapa lembaga maupun pihak swasta. Pada program Ekosistem Pendidik Profesional (EPP) yang merupakan turunan dari PDP, PSF berkolaborasi dengan PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero).

Sejak November 2022 lalu, program EPP telah menjalankan pelatihan kepada guru-guru terpilih untuk dididik sebagai fasilitator kota yang nantinya dapat menggulirkan ilmunya kepada guru-guru lainnya.

Selama 3 hari, yaitu tanggal 23-25 Mei 2023, 30 guru yang telah mendapatkan pelatihan dan pendampingan selama satu tahun mempraktekkan materi yang telah mereka terima dalam kegiatan diseminasi yang diikuti oleh 450 peserta yang merupakan guru dari berbagai sekolah di Samarinda yang terdiri dari tingkat PAUD/ TK, SD, SMP, dan SMA.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3135 seconds (0.1#10.140)