Bantu Pendanaan Kampus Vokasi, Kemendikbudristek Luncurkan PPPTV-PTS 2023

Kamis, 25 Mei 2023 - 15:32 WIB
loading...
Bantu Pendanaan Kampus Vokasi, Kemendikbudristek Luncurkan PPPTV-PTS 2023
Dirjen Diksi Kemendikbudristek Kiki Yuliati pada pada Peluncuran PPPTV-PTS. Foto/BKHM.
A A A
JAKARTA - Implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka ( MBKM ) tidak hanya terselenggara di perguruan tinggi negeri, baik akademik maupun vokasi. Namun juga di PTS yang menyelenggarakan pendidikan vokasi .

Untuk mencapai latar belakang tersebut, Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi melalui Direktorat Kelembagaan dan Sumber Daya Pendidikan Tinggi Vokasi resmi meluncurkan Program Penguatan Pendidikan Tinggi Vokasi pada Perguruan Tinggi Swasta (PPPTV-PTS) 2023.

“Saya memiliki harapan besar bahwa program ini mampu menjadi enabler bagi perguruan tinggi swasta penyelenggara pendidikan vokasi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan mengimplementasikan MBKM pada institusinya,” tutur Dirjen Pendidikan Vokasi (Diksi) Kiki Yuliati, melalui siaran pers, Kamis (25/5/2023).

Baca juga: Pilih Kuliah Manajemen Bisnis untuk Menunjang Karir Masa Depan

Kiki menyampaikan bahwa sejarahnya, program PPPTV-PTS tidak lahir begitu saja. Bermula sejak 15 tahun lalu melalui program PTS-Sehat pada tahun 2008, kemudian berkembang menjadi Program Hibah Pembinaan Perguruan Tinggi Swasta (PHP-PTS) pada tahun 2010.

Tidak berhenti sampai di situ, di tahun 2015 berkembang menjadi Program Pembinaan Perguruan Tinggi Swasta (PP-PTS). Hingga terbentuklah program PPPTV-PTS di tahun 2020.

Dengan demikian, tahun 2023 merupakan tahun ke-4 Dirjen Diksi menyelenggarakan PPPTV-PTS. Dimulai pada tahun 2020, secara berurutan program ini telah memberikan manfaat kepada 47 PTS (2020), 116 PTS (2021), dan 54 PTS (2022).

Sebagai program bantuan pemerintah yang sudah terselenggara cukup lama, tentu saja program ini telah memberi manfaat kepada banyak perguruan tinggi swasta untuk meningkatkan mutu pembelajaran yang bermuara pada peningkatan akreditasi program studi dan perguruan tinggi.

Program ini juga merupakan salah satu faktor pengungkit kepatuhan pelaporan pada PD-DIKTI. Kiki mengimbau agar PTS penyelenggara pendidikan vokasi dapat melahirkan inovasi dengan adanya program bantuan dana ini.

Baca juga: Mahasiswa Unesa Ini Lolos IISMA ke Kampus Almamaternya Personil Coldplay
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1434 seconds (0.1#10.140)