5 Kursus Kemendikbudristek yang Paling Diminati, No 1 Tata Busana

Sabtu, 27 Mei 2023 - 15:18 WIB
loading...
5 Kursus Kemendikbudristek yang Paling Diminati, No 1 Tata Busana
5 kursus Kemendikbudristek yang paling diminati masyarakat. Foto/Laman Ditjen Diksi.
A A A
JAKARTA - Kemendikbudristek memiliki program Pendidikan Kecakapan Kerja (PKK) untuk peningkatan kompetensi kerja. Berikut ini 5 kursus yang paling diminati masyarakat di program tersebut.

Pendidikan nonformal, khususnya di Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) turut meningkatkan kualitas kompetensi sumber daya manusia di Indonesia.

Peserta didik di LKP akan memperoleh pengetahuan dan praktik sesuai standar industri sehingga nantinya siap kerja dalam waktu pelatihan yang singkat.

Untuk meningkatkan kompetensi tersebut, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) telah mengusung program Pendidikan Kecakapan Kerja (PKK).

Melalui Direktorat Kursus dan Pelatihan, Direktorat Jenderal Vokasi, program PKK sukses untuk mengembangkan dan meningkatkan kompetensi peserta didik dalam dunia kerja setiap tahunnya.

Baca juga: Bintang, Siswa MAN 1 Jembrana Raih Juara 2 Olimpiade Matematika Tingkat Nasional

Terdapat 21.000 lebih peserta didik yang saat ini sudah terserap dunia kerja untuk program PKK 2022.

Dari banyaknya bidang keterampilan kursus dan pelatihan, bidang apa saja yang paling banyak diminati? Berikut jawabannya yang dikutip dari laman Direktorat Pendidikan Vokasi, Kemendikbudristek.

1. Tata Busana


Selama sandang masih menjadi kebutuhan pokok manusia, tentu saja kebutuhan akan hal tersebut masih sangat banyak. Tak heran industri konveksi dan fesyen sangat membutuhkan pegawai kompeten di bidang busana dan menjahit. Hal tersebut dibuktikan dari terdapat 13.591 peserta didik yang mengikuti bidang ini di program PKK 2022.

Salah satu LKP yang berhasil menyelenggarakan program PKK ini adalah LKP Kartika Sinar Persada, Salatiga, Jawa Tengah. Terdapat 150 peserta didik yang sudah diberikan pelatihan sekaligus disalurkan kerja di beberapa industri konveksi di Salatiga dan sekitarnya.

2. Desain Grafis

Kursus paling banyak diminati berikutnya adalah desain grafis yang memiliki 5.522 peserta didik. Kursus desain grafis di program PKK diberikan tugas dan proyek desain yang nyata untuk melatih keterampilan serta mendapatkan kesempatan magang di industri. Biasanya, di industri percetakkan, sablon, dan agensi.

Alumnus program PKK 2022 yang menerima manfaat itu adalah Mesy Selvia Avanti dari LKP Gen Computer, Sampit, Kalimantan Tengah. Saat ini ia sudah bekerja sebagai desain grafis untuk kebutuhan media sosial di perusahaan sawit yaitu PT Hamparan.

3. Komputer Aplikasi Perkantoran

Di daerah-daerah Indonesia masih banyak orang yang menginginkan kompetensinya di bidang komputer aplikasi perkantoran. Tak heran bidang keterampilan ini menduduki urutan ketiga kursus di LKP yang paling banyak diminati dengan total peserta didik 4.889 orang.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2173 seconds (0.1#10.140)