Banyak Diburu Siswa Umum, Sekolah Juara Terapkan Subsidi Silang

Kamis, 23 Juli 2020 - 17:37 WIB
loading...
Banyak Diburu Siswa Umum, Sekolah Juara Terapkan Subsidi Silang
Sekolah Juara melakukan transformasi pengelolaan pendidikan dari sekolah gratis menjadi sekolah berbasis social enterprise. Foto/Arif Budianto
A A A
BANDUNG - Sekolah Juara melakukan transformasi pengelolaan pendidikan dari sekolah gratis menjadi sekolah berbasis social enterprise. Perubahan konsep pengelolaan pendidikan ini diharapkan bisa meningkatkan eksistensi lembaga pendidikan ini.

Direktur Indonesia Juara Foundation Muhammad Sobirin mengatakan, transformasi ini diharapkan semakin memantapkan jaringan Sekolah Juara di seluruh Indonesia menjadi sekolah mandiri. Terutama untuk memfasilitasi anak yatim dan dhuafa untuk melanjutkan pendidikan. (Baca juga: 6 Bulan Tak Digaji, 595 Guru Madrasah di Labuhanbatu Menjerit )

"Transformasinya dari gratis berkualitas menjadi mandiri berkualitas. Ini akan berpengaruh terhadap komposisi siswa, di mana ada siswa umum. Siswa umum ini nantinya akan menyubsidi siswa tidak mampu. Sehingga sekolah ini tetap sustain," kata Muhammad Sobirin saat peresmian perubahan logo Sekolah Juara di Jalan Panyileukan Raya, Kota Bandung, Kamis (23/7/2020).

Menurut dia, selama ini Sekolah Juara mengandalkan donasi dari Rumah Zakat. Konsepnya, sekolah gratis bagi anak yatim dan dhuafa. Namun dalam perjalanannya, sekolah ini banyak diburu calon siswa, lantaran kualitasnya makin baik. Sehingga banyak siswa umum yang ingin menempuh pendidikan di sekolah ini. (Baca juga: Sanksi Pidana UU Sisdiknas Dihapus, Praktik Jual Beli Ijazah Bisa Marak )

Dengan perubahan ini, dia berharap nanti komposisinya bisa 50 Bandung 50. Sehingga, siswa dari kalangan tidak mampu bisa disubsidi oleh siswa umum. Konsep ini juga tetap mengakomodir siswa tidak mampu dan dhuafa tetap mendapatkan akses pendidikan.

Apalagi, saat ini angka putus sekolah di Indonesia cukup tinggi, menyebabkan anak-anak kehilangan hak untuk mendapatkan pendidikan yang layak. Sekolah Juara hadir membantu pemerintah untuk menjadi salah satu solusi atas permasalahan tersebut.

Diketahui, Sekolah Juara merupakan program pendidikan Rumah Zakat yang didirikan pada 2007. Tepat satu dekade tepatnya pada 2017, Sekolah Juara telah memiliki 19 unit layanan di seluruh Indonesia. Meliputi 1 TK Juara, 15 SD Juara, 2 SMP, den 1 SMK Juara.

Jumlah 19 unit tersebut tersebar di 10 provinsi dan 17 kabupaten/kota. Yaitu di Provinsi Sumatera Utara, Riau, Banten, Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, dan Papua.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1702 seconds (0.1#10.140)