Lima UIN Teken Kerja Sama dengan Universiti Utara Malaysia

Senin, 29 Mei 2023 - 16:48 WIB
loading...
Lima UIN Teken Kerja Sama dengan Universiti Utara Malaysia
Sebanyak lima Universitas Islam Negeri (UIN) melakukan Penandatangan Memorandum of Understanding (Mou) dengan Universiti Utara Malaysia (UUM). Penandatanganan MoU disaksikan pejabat Kementerian Agama. Foto/Kemenag
A A A
JAKARTA - Sebanyak lima Universitas Islam Negeri (UIN) melakukan Penandatangan Memorandum of Understanding (Mou) dengan Universiti Utara Malaysia (UUM). Penandatanganan MoU disaksikan pejabat Kementerian Agama .

Lima universitas yang menjalin kerja sama dengan UUM tersebut yakni UIN Raden Fattah Palembang, UIN Ar-Raniry Banda Aceh, UIN Mataram, UIN Sunan Gunung Djati Bandung, dan UIN Sunan Ampel Surabaya.

Prosesi penandatanganan MoU lima UIN dan UUM disaksikan Dirjen Pendis Muhammad Ali Ramdhani, Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Ahmad Zainul Hamdi, Sekretaris Ditjen Pendis Rohmat Mulyana, dan Kepala Biro HDI Setjen Kemenag Ahmad Fauzin.

MoU diteken lima rektor yakni Rektor UIN Sunan Gunung Djati Bandung Prof. Dr. H. Mahmud, Rektor UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya Prof. Akh. Muzakki, Rektor UIN Raden Fatah Palembang Prof. Dr. Nyayu Khodijah, Rektor UIN Mataram Prof. Dr. Masnun Tahir, dan Rektor UIN Ar Raniry Banda Aceh, Prof. Dr. H.Mujiburrahman.



Universiti Utara Malaysia (UUM) menjadi universitas pertama Malaysia yang terpilih menjalin kerja sama akademik dengan lima UIN di Indonesia yang bernaung di bawah Kementerian Agama.

Kerja sama antara Kemenag dengan UMM ini merupakan kerja sama kali pertama di bidang akademik dengan universitas terbaik di Malaysia.

Direktur Jenderal Pendidikan Islam Ali Ramdhani mengatakan, pendidikan bukan sekadar panggilan atau tugas konstitusi, tetapi tugas bersama untuk menciptakan anak-anak bangsa yang berpendidikan tinggi.

Perjalanan panjang pembangunan sebuah peradaban, lanjutnya, tidak bisa dilakukan sendiri-sendiri. Pembangunan peradaban merupakan perjalanan jarak jauh yang membutuhkan kerja sama.

"Saya bangga bahagia hari ini saya duduk di sebuah forum yang sungguh menghadirkan tentang perlunya kerja sama dan kolaborasi. Di antara kekuatan-kekuatan dua bangsa dan semuanya kita persembahkan sebagai bagian dari impian untuk membangun peradaban yang lebih baik," kata Dirjen Ali Ramdhani, dikutip dari laman Kemenag, Senin (29/5/2023).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2317 seconds (0.1#10.140)