FMIPA UI dan Lembaga Penelitian Jepang Kolaborasi Riset tentang Wabah Gugur Daun Karet

Kamis, 01 Juni 2023 - 13:12 WIB
loading...
A A A
Masita Dwi Mandini Manessa, S.Si. M.Si., M.Eng. dari Departemen Geografi; serta Devvi Sarwinda, S.Si., M.Kom. dari Departemen Matematika, yang bergabung sebagai peserta short-visiting training program di RIKEN Yokohama, RIKEN Wako, dan Gifu University.

Perkembangan tanaman karet di Indonesia sangat pesat. Karet merupakan salah satu komoditi perkebunan yang sangat penting peranannya. Peningkatan produktivitas tanaman karet sangat perlu dilakukan dalam mendukung perekonomian nasional. Sayangnya, serangan wabah gugur daun karet telah memengaruhi pertumbuhan pohon karet serta menurunkan produksi dan kualitas karet.

“Kegiatan penelitian bersama tentang penyakit gugur daun sangat perlu dilakukan dengan baik. Dengan adanya kerja sama antara Riken, FMIPA UI, IRRI, dan Kementerian Pertanian Republik Indonesia, kami berharap dapat memberikan dampak yang baik bagi keberlangsungan tanaman karet di Indonesia,” ujar Dede Djuhana, Ph.D.

“Wabah gugur daun karet itu diketahui muncul sekitar tahun 2017 dan menyebabkan penurunan produksi karet nasional hingga 40%. Sehingga penyakit LFD (Leaf Fall Disease) Pestalotiopsis ini menjadi isu serius bagi keberlangsungan perkebunan karet di Indonesia,” lanjut Dede.

Dede juga menyampaikan beberapa capaian yang berhasil diperoleh dari kegiatan penelitian bersama dalam penanggulangan wabah gugur daun karet. Di antaranya adalah penemuan kandidat komponen fungisida baru dan mikroba sebagai biofungisida, hasil analisis genomik dan transkriptomik untuk pengembangan klon baru tanaman karet, serta hasil analisis pencitraan AI perkebunan karet dengan memanfaatkan data yang diperoleh dari satelit dan drone.
(mpw)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3093 seconds (0.1#10.140)