Rektor Unair Jelaskan 2 Kuota Terbaru Penerima KIP Kuliah

Jum'at, 02 Juni 2023 - 14:00 WIB
loading...
Rektor Unair Jelaskan 2 Kuota Terbaru Penerima KIP Kuliah
Rektor Unair Prof Dr Mohammad Nasih. Foto/Dok/Unair.
A A A
JAKARTA - Unair terbuka untuk mahasiswa penerima KIP Kuliah untuk lanjut studi di kampusnya. Rektor Unair Prof Dr M Nasih menjelaskan mengenai kuota terbaru penerima KIP Kuliah tahun ini.

Menurut Prof Nasih, perubahan terjadi pada semua perguruan tinggi yang ada. Kendati demikian pemerintah telah menyiapkan dua kategori terbaru pada Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah.

Pertama, lanjutnya KI Kuliah dengan pembiayaan biaya pendidikan dan biaya hidup. Kedua, pembiayaan bantuan Uang Kuliah Tunggal (UKT).

“Jadi untuk kategori kedua ini, mahasiswa hanya mendapat bantuan berupa pembiayaan UKT tapi tidak dengan biaya hidup,” katanya, dikutip dari laman Universitas Airlangga (Unair), Jumat (2/6/2023).

Baca juga: Unesa Beri Beasiswa ke Marselino Ferdinan dan 4 Punggawa Timnas, Kuliah Jurusan Apa?

Kuota Penerima KIP Kuliah


Rektor Unair menjelaskan, pemerintah telah menyiapkan jumlah kuota penerima KIP Kuliah. Pada kategori pertama, pemerintah telah menyediakan 115.000 kuota. Sementara kategori kedua ada 85.000 kuota.

Lebih lanjut, mantan Ketua Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) ini menjelaskan, dulu kuota penerima KIP Kuliah di kampusnya mencapai angka 1.200 kuota.

“Dari tahun ke tahun pemegang KIP Kuliah di Unair rata-rata di atas angka seribu,” ungkap pria berkacamata ini.

Berbeda pada tahun sebelumnya, untuk 2023 ada 660 orang yang berhak menerima KIP Kuliah di PTN yang beralamat di Surabaya, Jawa Timur ini.

“Saat ini kuota penerima KIP Kuliah di Unair sudah terisi 507 kuota. Artinya masih tersisa 153 kuota lagi,” ungkap Prof Nasih.

Baca juga: Kemenag Buka Pendaftaran Seleksi Program Beasiswa Indonesia Bangkit 2023, Cek Infonya
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4480 seconds (0.1#10.140)