Dari Kursus Perhotelan, Uki Bisa Bekerja di Kapal Pesiar dan Keliling Dunia

Sabtu, 03 Juni 2023 - 14:38 WIB
loading...
Dari Kursus Perhotelan, Uki Bisa Bekerja di Kapal Pesiar dan Keliling Dunia
Uki Transul Rahmad, peserta Program Kecakapan Kerja (PKK) yang sukses bekerja di kapal pesiar dan keliling dunia. Foto/Ditjen Diksi.
A A A
JAKARTA - Tuntutlah ilmu sampai ke negeri China. Peribahasa ini yang dipegang kuat oleh peserta pendidikan vokasi asal Palu, Sulawesi Tengah bernama Uki Transul Rahmad yang memiliki keinginan kuat menuntut ilmu sejauh mungkin.

Uki memutuskan untuk hijrah ke Banyuwangi untuk mencari pekerjaan dan ia pun ingin menimba ilmu terlebih dahulu. Ia sampai rela mengekos seorang diri agar ia bisa meningkatkan keterampilannya di bidang hospitality (perhotelan dan kapal pesiar).

Lembaga kursus dan pelatihan (LKP) yang dipilihnya adalah di LKP Desy Education, Banyuwangi, Jawa Timur.

“Awalnya memang tinggal bersama Nenek di Banyuwangi, tetapi saya memutuskan untuk kos sendiri karena jarak ke LKP dan rumah Nenek pun jauh,” ujar Uki mengawali cerita.

Lebih lanjut, Uki menceritakan sebelumnya ia tidak tahu menyalurkan hobi memasaknya di Palu. Ia pun belum mendapatkan pekerjaan dan sempat berjualan minuman segar mocktail di kios yang ia sewa hanya beberapa bulan.

Namun, akhirnya ia menemukan akun LKP Desy Education melalui Instagram yang menyelenggarakan Program Kecakapan Kerja (PKK) 2021.

Baca juga: PGP Angkatan 6 Ditutup, Luluskan 7.890 Guru Penggerak

Lolos PKK, Kerja Part Time di Kafe


Perjuangan Uki hijrah pun tak sia-sia. Ia berhasil lolos seleksi pendaftaran program PKK. Dengan kesempatan tersebut, ia mengikuti kelas di LKP Desy Education selama enam bulan dan magang di hotel ternama. Ia pun sempat kerja sebagai part time di sebuah kafe.

“Lumayan untuk pemasukan sehari-hari dan mengisi waktu kosong. Walaupun ikut kursus gratis lewat program PKK, saya pun ingin punya pendapatan juga,” cerita Uki saat ia mengikuti program PKK, dari laman Ditjen Pendidikan Vokasi, Sabtu (3/6/2023).

Bekerja di Kapal Pesiar Italia


Setelah program selesai, Uki mendapatkan nilai yang maksimal. Ia pun berkesempatan bekerja di kapal pesiar Italia, Costa Cruise Ship dan mulai berlayar pada Januari 2022.

Uki menambahkan, “Saya bekerja di bagian commis de cuisine cook, galley department. Saya sangat senang karena itu adalah departemen yang saya idam-idamkan.”

Baca juga: 33.516 Pendaftar Ikuti Pelatihan PTK dan Implementasi Kurikulum Merdeka Melalui MOOC Pintar

Dari Western hingga Chinese Food


Bekerja dengan mengolah bahan makanan dan membantu chef sangat membuat Uki puas karena ia bisa menyalurkan hobinya. Kini, ia menguasai pembuatan masakan dari luar negeri, mulai dari western, japanese, korean, dan chinese food.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1608 seconds (0.1#10.140)