5 Kampus dengan Jurusan Kuliah Teknik Biomedis Terbaik 2023

Senin, 05 Juni 2023 - 18:27 WIB
loading...
5 Kampus dengan Jurusan Kuliah Teknik Biomedis Terbaik 2023
Jurusan Teknik Biomedis. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Sedikitnya ada 5 kampus yang memiliki jurusan kuliah teknik biomedis dengan kategori terbaik. Beberapa di antaranya merupakan kampus favorit.

Teknik biomedis merupakan jurusan kuliah yang mempelajari tentang cara memecahkan masalah di bidang kedokteran melalui alat kesehatan dengan menerapkan Fisika, Matematika, Biologi, Kimia dengan dasar keilmuan teknik.



Kuliah teknik biomedis biasanya akan ditempuh mahasiswa selama 4 tahun dengan jumlah SKS sebanyak 144 SKS. Setelah lulus dari jurusan yang satu ini, mereka akan memperoleh gelar Sarjana Teknik (S.T).


Berikut 5 kampus dengan jurusan kuliah teknik biomedis terbaik 2023:


1. Universitas Gadjah Mada

Jurusan teknik biomedis merupakan jurusan teknik baru pada Universitas Gadjah Mada (UGM). Jurusan yang satu ini diketahui mulai dibuka dan menerima mahasiswa baru pada tahun 2029 di bawah naungan Departemen Teknik Elektro dan Teknologi Informasi (DTETI).

Meski tergolong sangat baru, beberapa sarana dan fasilitas yang digunakan tergolong sangat lengkap. Tenaga pengajarnya pun tentu dipilih dari orang-orang yang berkualitas. Lebih dari itu, mahasiswa yang kuliah di sini juga mendapatkan kesempatan exchange dengan mahasiswa di luar negeri.


2. Universitas Airlangga (UNAIR)

Universita Airlangga juga diketahui memiliki jurusan teknik biomedis dengan jenjang pendidikan S1. Untuk bisa diterima di jurusan yang satu ini, kamu bisa mengikuti seleksi terlebih dahulu melalui jalur SNBP dan SNBT dan jalur mandiri yang ditawarkan UNAIR.

Jurusan yang dikembangkan UNAIR sejak tahun 2013 ini digunakan untuk mendidik mahasiswa agar mampu mengimplementasikan matematika, sains serta prinsip rekayasa. Berbagai macam inovasi yang dibuat oleh mahasiswa beserta prestasinya, bisa dilihat di laman resmi UNAIR.


3. Universitas Indonesia

Jurusan Teknik Biomedis juga bisa dijumpai di Fakultas Teknik Universitas Indonesia. Belajar di salah satu kampus terbaik di Indonesia ini tentu akan membuat kamu banyak mendapatkan pengalaman dan ilmu baru dari berbagai sudut pandang.

Prospek karier yang dimiliki jurusan teknik biomedis UI tentu berkaitan erat dengan dunia kesehatan. Lulusan jurusan ini bisa bekerja di industri kesehatan, perusahaan, hingga bekerja di fasilitas-fasilitas kesehatan.


4. Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Peluang untuk masuk ke Kampus Institut Teknologi Sepuluh Nopember sangat terbuka lebar. Terutama bagi kamu lulusan SLTA yang berdomisili di wilayah Surabaya.

Dalam perkembangannya, ITS kini telah berkolaborasi dengan berbagai Perguruan Tinggi dalam negeri hingga luar negeri. Lulusan jurusan teknik biomedis kampus ini juga siap untuk bersaing di dunia kerja karena sudah dibekali ilmu yang tergolong mumpuni.


5. Institut Teknologi Bandung

Dalam riwayatnya, jurusan teknik biomedis Institut Teknologi Bandung diketahui berada di bawah naungan Sekolah Teknik Elektro dan Informasi (STEI). Jurusan teknik biomedis ITB juga dijadikan sebagai pelopor pendidikan teknik biomedis di Indonesia.

Jika ingin menjadi bagian dari mahasiswa jurusan teknik biomedis ITB, kamu bisa mendaftarnya dengan melalui jalur SNBP dan SNBT atau SM ITB. Namun karena persaingan yang cukup ketat, perlu persiapan yang matang sebelum mendaftar.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1651 seconds (0.1#10.140)