Mengenal 3 Jalur Seleksi Mandiri ITS pada Penerimaan Mahasiswa Baru 2023

Rabu, 07 Juni 2023 - 08:45 WIB
loading...
Mengenal 3 Jalur Seleksi Mandiri ITS pada Penerimaan Mahasiswa Baru 2023
Mengenal 3 jenis jalur seleksi mandiri ITS pada penerimaan mahasiswa baru 2023. Foto/Dok/ITS.
A A A
JAKARTA - ITS resmi mulai membuka pendaftaran melalui jalur seleksi Mandiri . Pada jalur seleksi Mandiri yang diadakan ITS ini terdapat tiga jenis jalur yang meliputi kemitraan, umum, dan prestasi untuk program sarjana regular (S1) maupun sarjana terapan (D4).

Kepala Subdirektorat Admisi Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Dr Eng Unggul Wasiwitono mengatakan, seleksi Mandiri merupakan satu dari tiga seleksi penerimaan program reguler yang dihadirkan oleh ITS, dengan pembobotan 50 persen dari total penerimaan.

Tujuan dari seleksi ini adalah sebagai jembatan antara calon mahasiswa baru dengan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) ITS selain melalui jalur SNBP dan SNBT.

Dia menjelaskan, bagi pendaftar seleksi Mandiri jalur kemitraan dan umum diharuskan mengikuti lebih dulu Tes Kemampuan Akademik (TKA) yang diadakan oleh ITS.

Baca juga: 15 Universitas dengan Jurusan Kedokteran Terbaik di Asia

Sedangkan, bagi pendaftar jalur prestasi, seleksi akan dilakukan berdasarkan nilai rapor dan prestasi akademik atau nonakademik.

Untuk TKA sendiri, lanjut Unggul, terdiri dari Tes Potensi Akademik (TPA) dan Tes Kemampuan Bidang (TKB) dengan waktu pengerjaan masing-masing subtes adalah 90 menit secara online (daring).

“Oleh karena itu, perlu disiapkan PC (personal computer) atau laptop yang dilengkapi dengan webcam, software berupa zoom meeting, dan internet dengan kecepatan lebih dari 5 Mbps,” katanya, melalui siaran pers, Rabu (7/6/2023).

Dosen Departemen Teknik Mesin ini memaparkan, pendaftaran seleksi Mandiri berlaku untuk kedelapan fakultas yang ada di ITS.

1. Fakultas Sains dan Analitika Data (FSAD/SCIENTICS)
2. Fakultas Teknologi Industri dan Rekayasa Sistem (FTIRS/INDYSIS)
3. Fakultas Teknik Sipil, Perencanaan dan Kebumian (FTSPK/CIVPLAN)
4. Fakultas Teknologi Kelautan (FTK/MARTECH)
5. Fakultas Teknologi Elektro dan Informatika Cerdas (FTEIC/ELECTICS)
6. Fakultas Desain Kreatif dan Bisnis Digital (FDKBD/CREABIZ)
7. Fakultas Vokasi (FV/VOCATION)
8. Fakultas Kedokteran dan Kesehatan (FKK/MEDICS).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1890 seconds (0.1#10.140)