Pendaftaran SIMAK UI untuk Program Sarjana dan Vokasi 2023 Resmi Dibuka, Cek Link

Rabu, 07 Juni 2023 - 11:57 WIB
loading...
A A A
Sedangkan peserta ujian IPA akan mengikuti ujian Kemampuan Dasar dan Kemampuan IPA (Matematika IPA, Fisika, Kimia, Biologi). Sementara itu, untuk peserta ujian IPC akan mengikuti ujian Kemampuan Dasar, Kemampuan IPS, dan Kemampuan IPA.

Adapun materi ujian SIMAK Kelas Internasional, antara lain Subtest Kemampuan IPA untuk Pilihan Prodi IPA meliputi Mathematics for Natural Sciences, Biology, Physics, dan Chemistry.

Untuk Subtest Kemampuan IPS dengan Pilihan Prodi IPS, yaitu Basic Mathematics, Economics, Indonesian and World History, Geography, dan Sociology.

Sementara itu, materi yang diujikan pada SIMAK UI Sarjana RPL, Magister, Spesialis, Profesi, dan Doktoral, meliputi Tes Pengukuran Kemampuan Akademik dan Bahasa Inggris.

Namun, ada beberapa program studi yang juga menyelenggarakan ujian kekhususan atau wawancara. Untuk itu, bagi para pendaftar diharapkan agar membaca informasi persyaratan masing-masing prodi secara lengkap atau menghubungi sekretariat prodi.

Seluruh pelaksanaan ujian SIMAK UI akan diselenggarakan secara daring pada waktu yang sama di seluruh Indonesia. Bagi wilayah WITA dan WIT, waktu disesuaikan dengan waktu setempat (+1 jam untuk WITA, +2 jam untuk WIT).

Perangkat ujian yang diperlukan untuk mengikuti ujian SIMAK UI, para peserta harus menyiapkan laptop dengan kamera atau komputer desktop dengan webcam. Jika tidak memiliki keduanya, peserta dapat menggunakan tablet atau handphone dengan resolusi minimal 1280x720.

Selain itu, dalam perangkat yang digunakan juga harus memiliki aplikasi Browser Mozilla Firefox atau Browser Google Chrome versi stable terbaru.

Selama ujian berlangsung, tidak ada penambahan waktu bagi peserta yang terlambat maupun yang mengalami kendala teknis dan gangguan koneksi internet.

Hal lainnya yang perlu diingatkan juga kepada para peserta adalah UI tidak bekerja sama dengan pihak bimbingan belajar, bimbingan tes, maupun lembaga sejenis manapun untuk mengadakan kegiatan try-out atau bahkan menjanjikan kemudahan untuk diterima di UI.

Imbauan kepada seluruh peserta untuk tidak percaya pada pihak manapun yang menawarkan kelulusan dengan membayar sejumlah uang atau imbalan.

Informasi lebih lengkap terkait jadwal, panduan, biaya pendidikan, dan contoh soal SIMAK UI dapat dilihat pada tautan berikut: https://simak.ui.ac.id/.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2220 seconds (0.1#10.140)