Siswa MAN 1 Darussalam Ciamis Wakili Indonesia Jadi Peserta AWMUN 2023 di Bangkok

Rabu, 07 Juni 2023 - 12:45 WIB
loading...
Siswa MAN 1 Darussalam Ciamis Wakili Indonesia Jadi Peserta AWMUN 2023 di Bangkok
Ahmad Tsabitul Azmi, siswa kelas XI MAN 1 Darussalam, Ciamis, berhasil lolos menjadi peserta ajang internasional, Asia World Model United Nations (AWMUN) 2023. Foto/Dok/MAN 1 Darussalam
A A A
JAKARTA - Ahmad Tsabitul Azmi, siswa kelas XI MAN 1 Darussalam , Ciamis, Program Peminatan Keagamaan berhasil lolos menjadi peserta ajang internasional yaitu Asia World Model United Nations (AWMUN) 2023.

Konferensi internasional yang diikuti sekitar 227 delegasi yang berasal lebih dari 30 negara ini dilaksanakan pada 27-30 Mei 2023 di Bangkok, Thailand.



Seperti diketahui, Asia World Model United Nations (AWMUN) adalah konferensi internasional Model United Nations (MUN) yang diselenggarakan oleh International Global Network (IGN), sebuah organisasi yang bergerak dalam program pengembangan pemuda.

MUN sendiri merupakan konferensi populer sedunia yang mendorong agenda Perserikatan Bangsa-Bangsa dan berkomitmen untuk pendidikan politik kaum muda.

AWMUN mengusung tema yang berbeda pada setiap konferensinya. AWMUN memfasilitasi para pemimpin muda (usia 16-25 tahun) dari berbagai tempat untuk memperluas jaringan mereka dan menyediakan platform di mana mereka dapat berbagi perspektif mereka tentang isu-isu dunia.



Ahmad Tsabitul Azmi yang akrab disapa Abit ini mengaku belajar lebih banyak mengenai isu global selama mengikuti ajang AWMUN ini. Dia didorong untuk membaca riset, strategi kebijakan, hingga artikel tentang negara yang direpresentasikan.

"Ajang AWMUN membuka kesempatannya untuk memperluas jaringan. Bertukar pandangan dengan teman dari latar belakang yang berbeda seperti halnya siding PBB," kata Abit dalam keterangan pers, Rabu (7/6/2023).

Lebih lanjut Abit menjelaskan bahwa tahun ini Kompetisi AWMUN V diikuti 227 delegasi yang berasal lebih dari 30 negara. Terdapat 3 council PBB yang membahas topik isu-isu spesifik, yaitu; UNICEF “Advancing the Transformation of Technology for Education Development.”
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2809 seconds (0.1#10.140)