Kenalan dengan Priti, Gadis Penyuka Otomotif yang Lulus Cum Laude dari UNY

Kamis, 08 Juni 2023 - 07:30 WIB
loading...
Kenalan dengan Priti, Gadis Penyuka Otomotif yang Lulus Cum Laude dari UNY
Priti, mahasiswa UNY yang lulus Cum Laude bersama keluarganya. Foto/UNY.
A A A
JAKARTA - Wanita yang menyukai dunia otomotif tidak banyak sebab jurusan kuliah di bidang ini mayoritas dipilih oleh laki-laki. Namun hal itu tidak berlaku bagi Priti, gadis asal desa Gesikan Panggungharjo Sewon Bantul.

Priti memilih kuliah di prodi Pendidikan Teknik Otomotif Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) karena tertarik dengan segala yang berbau kendaraan bermotor sejak kecil.

“Saya suka melihat bapak saya membengkel. Praktik pertama kali yang diingat adalah saat SD saya bisa untuk memperbaiki rantai sepeda baik milik sendiri maupun teman. Tambal ban motor merupakan kegiatan yang sering saya lakukan,” katanya, dikutip dari laman UNY, Kamis (8/6/2023).

Priti juga sering membantu bapaknya ketika meng-custom motor Harley Davidson maupun memperbaiki mobil. Baginya kendaraan yang mengalami masalah atau mogok bukan hal yang menakutkan.

Baca juga: Fantastis! Segini Biaya Kuliah Kedokteran di Top 3 PTN

Untuk Priti, kondisi kendaraan yang rusak itu malah kadang terasa asyik karena seorang teknisi harus bisa mendiagnosis permasalahan dan berani untuk mendorong kendaraan menepi.

Gadis kelahiran Bantul, 20 Februari 2001 itu merupakan anak kembar. Saudara kembarnya, Kindi saat ini tengah kuliah di salah satu universitas swasta di Yogyakarta.

Alumni SMKN 2 Yogyakarta itu memaparkan, sejak kelas 1 di jurusan Teknik Kendaraan Ringan (TKR) diniatkan untuk selalu mendapatkan rangking agar mempermudah memasuki jalur SNMPTN. Usahanya berhasil hingga ia bisa kuliah di kelas A1 JPTO (Jurusan Pendidikan Teknik Otomotif).

Kelas kecil A1 memiliki tiga mahasiswa perempuan yang semua berasal dari SMK. Namun secara keseluruhan JPTO S1 angkatan 2019 memiliki 9 mahasiswa perempuan.

Priti mengatakan, sejak semester satu pengetahuan dan skill sudah harus ditunjukan karena dalam kelas A dengan persaingan akademik sangat ketat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1999 seconds (0.1#10.140)