Fantastis! Segini Besaran Biaya Kuliah Kedokteran di Top 3 PTS

Kamis, 08 Juni 2023 - 16:21 WIB
loading...
Fantastis! Segini Besaran Biaya Kuliah Kedokteran di Top 3 PTS
Biaya kuliah tentunya menjadi pertimbangan bagi para calon mahasiswa dalam menentukan perguruan tinggi. Foto DOK ist
A A A
Biaya kuliah tentunya menjadi pertimbangan bagi para calon mahasiswa dalam menentukan perguruan tinggi. Baik negeri ataupun swasta. Apalagi untuk Program Studi (Prodi) kedokteran .

Prodi kedokteran menjadi salah satu Jurusan yang banyak diinginkan oleh para calon mahasiswa baru dari lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA). Banyak yang menganggap jurusan yang satu ini memiliki masa depan yang cerah.

Selain ada di Perguruan Tinggi Negeri (PTN), jurusan kedokteran juga banyak tersedia di kampus swasta. Fasilitas dan perlengkapan pendidikannya pun tidak kalah dengan PTN.


Berikut biaya kuliah dari jurusan kedokteran di tiga PTS terbaik di Indonesia:

1. Universitas Pelita Harapan

Universitas Pelita Harapan merupakan salah satu kampus yang memiliki jurusan kedokteran terbaik di Indonesia. Kampus yang didirikan pada tahun 2001 ini sudah memiliki banyak relasi baik tingkat nasional maupun internasional.

Kampus yang sudah terakreditasi A oleh BAN PT ini bisa menjadi opsi bagi lulusan SMA/sederajat lantaran memiliki kualitas yang sangat baik. Meski begitu biaya kuliah di kampus ini terbilang cukup mahal.

Jika ingin melanjutkan pendidikan kedokteran di UPH, para calon mahasiswa harus membayar biaya masuk sebesar Rp 160 juta, biaya orientasi dan jaket almamater seharga Rp 85 juta.

Biaya tersebut belum termasuk pembayaran semester satu yang berjumlah Rp 63 juta. Sedangkan biaya pendidikan dari semester dua hingga selesai berkisar Rp 584 jutaan. Dikutip dari laman resminya, total kuliah jurusan kedokteran UPH mencapai Rp 892 juta.

2. Universitas Tarumanegara

Universitas swasta dengan jurusan kedokteran terbaik selanjutnya yaitu berasal dari Universitas Tarumanegara. Kampus yang satu ini juga masuk dalam kategori kampus tertua lantaran sudah berdiri sejak 1 Oktober 1959.

Menjadi salah satu kampus favorit, kuliah di kampus yang satu ini juga terbilang cukup mahal. Namun hal tersebut tentu sebanding dengan fasilitas dan pengembangan pendidikannya.

Biaya Kuliah Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanegara

Dikutip dari laman resminya, berikut rincian biaya kuliah untuk jurusan kedokteran Universitas Tarumanegara:
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1486 seconds (0.1#10.140)