Peluncuran Buku, Analis Politik Internasional: Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental

Kamis, 08 Juni 2023 - 22:35 WIB
loading...
Peluncuran Buku, Analis Politik Internasional: Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental
Analis Politik Internasional dan Resolusi Konflik Adriana Elisabeth. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Menjaga kesehatan mental merupakan hal penting yang harus dilakukan masyarakat. Sebab kebanyakan orang cenderung lebih memerhatikan kesehatan fisik.

Bila mengacu pada slogan mens sana in corpore sano, di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat, maka kondisi fisik dan mental sama-sama perlu dijaga dan dirawat agar tetap sehat.



Sebagian orang mungkin pernah merasakan stress, tidak mampu mengelola stress dalam waktu lama, kemudian berada pada kondisi depresi yang mengganggu pola tidur (insomnia). Akibatnya, produktivitas kerja menurun karena sulit berkonsentrasi.

Kompleksnya masalah kesehatan mental telah mendorong pemerintah dan stakeholders terkait untuk memasukkannya ke dalam Rancangan Undang-Undang (RUU) Kesehatan di Indonesia.

Artinya, pemerintah sungguh menaruh perhatian pada masalah kesehatan mental karena ini semakin relevan dan urgen untuk ditangani. Situasi di Indonesia dan di negara-negara lain juga menunjukkan pentingnya menyadari kesehatan mental.



Apabila tidak diatasi dengan benar, maka ini akan menjadi sumber disharmoni relasi, ketegangan sosial ekonomi, bahkan berpotensi memicu perselisihan dan konflik terbuka yang berdampak pada trauma psikis.

Pentingnya menjaga kesehatan mental ini terungkap dalam peluncuran buku berjudul “Bicara pada Kertas Putih” yang diadakan oleh Nadir Podcast, Personal Growth dan Studio API di Perpustakaan Nasional Lantai 24, Jalan Medan Merdeka Selatan No.11, Jakarta Pusat, Kamis (8/6/2023)

Hadir dalam peluncuran buku tersebut Analis Politik Internasional dan Resolusi Konflik Adriana Elisabeth, Pakar Psikologi Klinis Ratih Ibrahim dan sebagainya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1204 seconds (0.1#10.140)