Ini Rincian Terbaru Formasi CPNS dan PPPK 2023, Berapa untuk Sekolah Kedinasan?

Selasa, 13 Juni 2023 - 11:56 WIB
loading...
Ini Rincian Terbaru Formasi CPNS dan PPPK 2023, Berapa untuk Sekolah Kedinasan?
Pemerintah akan kembali membuka rekrutmen CPNS 2023. Sekolah kedinasan salah satunya. Foto/Laman KemenPANRB.
A A A
JAKARTA - Pemerintah berencana akan membuka rekrutmen calon pegawai negeri sipil ( CPNS ) 2023. Formasi CPNS sekolah kedinasan termasuk salah satu yang akan dibuka.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPANRB) Abdullah Azwar Anas saat menghadap Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka Jakarta menyampaikan kebijakan dan tahapan penyelenggaran seleksi.

Menurutnya, rekrutmen CPNS 2023 akan dibuka untuk pegawai negeri sipil (PNS) dan juga pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK).

Rencana formasi PNS secara nasional tahun 2023 ditetapkan sebanyak 1.030.751 terdiri dari CPNS dan PPPK. Kebijakan dan tahapannya sedang disiapkan matang.

Baca juga: UI akan Perluas Program Double Degree dengan Universitas Top Dunia di Inggris

Sementara itu, detail jumlah formasi setiap kementerian, lembaga, dan daerah saat ini masih dalam proses finalisasi beriringan dengan proses validasi dari usulan masing-masing instansi.

“Saat ini kami masih memaksimalkan validasi usulan dari K/L dan Pemda, khususnya program prioritas bidang pendidikan dan bidang kesehatan,” katanya, dikutip dari laman KemenPANRB, Selasa (13/6/2023).

Pemerintah pusat menetapkan 46.666 kebutuhan. Sedangkan pemerintah daerah 943.373 kebutuhan. Sementara itu, formasi CPNS dari sekolah kedinasan sebesar 6.259.

Pengadaan CASN 2023 mempertimbangkan sejumlah variabel tertentu, seperti indikator jumlah PNS yang pensiun dan pemenuhan SDM untuk mendukung program strategis nasional, termasuk letak geografis dan kemampuan anggaran.

8 Sekolah Kedinasan Favorit


Bagi kalian yang tertarik menjadi CPNS lewat jalur sekolah kedinasan, berikut 8 sekolah kedinasan yang selalu diserbu lulusan SMA dan sederajat berikut alamat laman resminya.

1. Politeknik Keuangan Negara (PKN) STAN


Sekolah kedinasan di bawah Kementerian Keuangan (Kemenkeu) ini laman resminya ada di pknstan.ac.id. Khusus untuk penerimaan mahasiswa baru CPNSnya di spmb.pknstan.ac.id.

Baca juga: Universitas Kristen Terbaik Versi THE Impact Ranking 2023

2. Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN)


Sekolah kedinasan di bawah Kemendagri ini menyediakan informasi penting di laman ipdn.ac.id. Sementara untuk penerimaan calon praja sekolah kedinasan bisa diakses di spcp.ipdn.ac.id.

3. Sekolah Tinggi Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (STMKG)


Sekolah bagi calon PNS di BMKG ini menyediakan sejumlah program studi yang bisa dilihat di laman resminya stmkg.ac.id. Sementara bagi calon taruna STMKT bisa mengakses mengenai informasi penerimaanya di laman ptb.stmkg.ac.id.

4. Politeknik Statistika STIS


Bagi kalian yang ingin menjadi mahasiswa baru di sekolah kedinasan milik BPS ini, informasi mengenai ikatan dinasnya bisa dicek di laman spmb.stis.ac.id. Sementara mengenai program studi hingga profilnya bisa dibaca di website stis.ac.id.

5. Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN)


Perguruan tinggi intelijen ini membuka sejumlah program studi yang bisa dibaca daftarnya di website stin.ac.id. Sementara website sekolah kedinasannya bisa diakses di ptb.stin.ac.id.

6. Politeknik Siber dan Sandi Negara (Poltek SSN)


Lulusan Poltek SSN dapat diangkat menjadi calon PNS di lingkungan Badan Siber dan Sandi Negara atau instansi pemerintah lainnya. Untuk pendaftaran bisa diakses di website poltekssn.ac.id dan klik menu Pendaftaran.

7. Poltekip dan Poltekim


Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (Poltekip) dan Politeknik Imigrasi (Poltekim) adalah sekolah kedinasan di bawah Kementerian Hukum dan Hak Azasi Manusia. Website resminya di catar.kemenkumham.go.id.

8. Sipencatar Kemenhub (sekolah kedinasan Kementerian Perhubungan)


Kementerian Perhubungan memiliki puluhan sekolah kedinasan bagi kalian yang ingin menjadi CPNS di bidang transportasi darat, laut, dan udara. Informasi resminya bisa diakses di laman Sipencatar Kemenhub di sipencatar.dephub.go.id.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1458 seconds (0.1#10.140)