5 Jurusan Kuliah yang Cocok untuk Gamers, Bisa Jadi Rekomendasi

Kamis, 15 Juni 2023 - 16:56 WIB
loading...
5 Jurusan Kuliah yang Cocok untuk Gamers, Bisa Jadi Rekomendasi
Sedikitnya ada lima jurusan kuliah yang cocok bagi para gamers. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Sedikitnya ada lima jurusan kuliah yang cocok bagi para gamers . Dengan menempuh pendidikan lebih lanjut ini, para gamers bisa dengan mudah mewujudkan cita-citanya.

Berkembangnya teknologi saat ini memudahkan para gamers untuk menyalurkan hobinya. Bahkan ada beberapa yang bisas menjadi atlet lantaran esports telah diresmikan sebagai ajang olahraga.

Mungkin kebanyakan gamers menganggap bahwa jurusan kuliah yang ada di Indonesia saat ini masih belum banyak yang dapat menampung hobi mereka. Namun, nyatanya terdapat sejumlah jurusan kuliah yang cukup relevan untuk ditempuh oleh para gamers.


Jurusan Kuliah yang Cocok untuk Gamers

Berikut jurusan kuliah yang cukup relevan untuk jadi rekomendasi para pecinta game atau gamers.

1. Teknik Informatika

Bagi para gamers yang tertarik untuk menjadi pengembang game, jurusan kuliah Teknik Informatika ini dapat jadi salah satu opsi. Karena di jurusan ini mahasiswa akan banyak berurusan dengan perancangan, pengujian, pengembangan, dan evaluasi software.

Dari sini seseorang akan dapat mengolah data menggunakan teknologi komputer dengan mengandalkan berbagai bahasa pemrograman. Bekal inilah yang penting nantinya bagi orang yang tertarik untuk membuat sebuah game.

2. Ilmu Komputer

Pada dasarnya, Ilmu Komputer menawarkan prospek yang serupa dengan Teknik Informatika. Yakni sebagai tenaga teknis yang nantinya dapat mengoperasikan bahasa pemrograman untuk membuat game.

Dengan keahlian teknis di bidang komputer, tentulah akan jadi bekal penting bagi para lulusan jurusan kuliah ini nantinya bila bertugas sebagai data scientist yang bertugas mengolah data dari game yang di rilis.


3. Ilmu Komunikasi

Untuk para gamers yang ingin menjadi seorang influencer. Jurusan Ilmu Komunikasi akan jadi pilihan tepat. Karena di prodi ini seseorang akan belajar tentang cara berkomunikasi yang baik dengan audience.

Selain menjadi influencer, lulusan jurusan Ilmu Komunikasi yang memahami strategi pemasaran juga akan dapat bekerja sebagai staf marketing di sebuah industri game.

4. Desain Komunikasi Visual

Jurusan Desain Komunikasi Visual atau DKV ini dapat membimbing para mahasiswanya untuk menguasai berbagai bentuk desain, baik itu 2 dimensi maupun 3 dimensi.

Kemampuan desain 3 dimensi ini tentunya akan sangat berguna dalam proses pembuatan berbagai unsur yang ada di dalam game. Sementara desain 2 dimensi ini dapat dijadikan sebagai bentuk tampilan awal game.

5. Software Engineering

Berbekal kemampuan mengelola perangkat lunak yang ada di Komputer membuat paran lulusan Software Engineering akan sangat berguna di industri game. Ditambah dengan pengalaman memainkan banyaknya game, tentu dapat menjadi inspirasi dalam pembuatan game nantinya.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3561 seconds (0.1#10.140)