Tips Sukses Kuliah Jurusan Teknik, Kuasai Teknologi Terkini

Jum'at, 10 Juni 2022 - 14:48 WIB
loading...
Tips Sukses Kuliah Jurusan Teknik, Kuasai Teknologi Terkini
Jurusan Teknik Informatika. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Jurusan teknik menjadi salah satu jurusan paling banyak diminati karena prospek kerja yang menjanjikan. Namun, jurusan ini juga termasuk yang tersulit, sebab mata kuliahnya memiliki banyak perhitungan. Sehingga, mahasiswa dituntut memiliki daya ingat mumpuni untuk menghafal materi dan rumus sulit.



Tugas-tugas yang diberikan pun terkadang sangat berat, sehingga mahasiwa teknik memang harus kuat fisik dan mental. Namun, tak perlu gentar berkuliah di jurusan teknik. Berikut tips sukses bagi mahasiswa teknik dalam menjalankan proses perkuliahan.

1. Manajemen Waktu yang Baik

Pepatah mengatakan bahwa waktu adalah uang. Nah, ini tidak hanya bersifat “mencari uang” saja, namun juga diterapkan dalam kehidupan untuk tidak membuang-buang waktu pada kegiatan yang sia-sia. Mahasiswa teknik harus selalu tepat waktu dan jangan coba membolos. Ini bisa menjadi langkah awal demi menumbuhkan sikap disiplin waktu.



Selain itu, atur segala kegiatan agar memiliki cukup waktu untuk istirahat dan mengulang kembali materi atau catatan dari dosen, serta mengerjakan tugas-tugas. Jangan terbiasa menggunakan “sistem kebut semalam” karena mata kuliah teknik tidak secara ajaib bisa dikuasai dalam satu malam saja.

2. Jangan Menunda Tugas

Masih berkesinambungkan dengan tips sebelumnya, mahasiswa teknik jangan sampai menunda mengerjakan tugas yang telah diberikan. Tugas di jurusan teknik terkenal dengan tingkat kesulitan yang tinggi, bahkan tugas besar baru bisa diselesaikan selama satu bulan lebih hingga satu semester.

Untuk itu, jangan pernah menumpuk tugas karena bisa membuat kepala meledak. Kerjakan tugas-tugas yang paling mudah supaya tugas besar bisa diselesaikan dengan lebih leluasa.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3453 seconds (0.1#10.140)