5 Jurusan Kuliah bagi Pecinta Petualang, dari Arkeologi hingga Pariwisata

Kamis, 09 Juni 2022 - 05:10 WIB
loading...
5 Jurusan Kuliah bagi Pecinta Petualang, dari Arkeologi hingga Pariwisata
Jurusan Arkeologi. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Bagi sebagian mahasiswa , berjam-jam di dalam kelas dan berkutat dengan tumpukan buku sangat menjemukan. Kegiatan praktik di luar ruangan akan jauh lebih menarik karena bisa sekalian melihat berbagai pemandangan dan menghirup udara segar.



Apa saja jurusan kuliah yang menyediakan mata kuliah dengan kegiatan praktik semacam ini? Berikut ini adalah beberapa jurusan kuliah buat kamu yang tidak betah berlama-lama di dalam ruangan.

1. Fotografi

Jurusan fotografi akan menuntut mahasiswanya untuk hunting mencari objek atau apa pun yang bernilai untuk dipotret. Karena itu, kebanyakan mata kuliah fotografi lebih berfokus pada praktik. Di jurusan ini, mahasiswa akan diajari mempelajari komposisi, warna, shutter, berbagai macam angle, fokus, dan banyak teknik fotografi lainnya.

Peminatannya pun juga banyak. Mahasiswa bisa memilih fotografi komersial yang cenderung pada promosi dan peningkatan branding suatu produk, fotografi human interest yang menekankan pada potret kehidupan manusia, hingga fotografi untuk jurnalistik.



Kamera yang digunakan tidak hanya DLSR, tapi mahasiswa juga akan belajar menggunakan kamera analog. Beberapa universitas yang menyediakan forografi adalah Institut Seni Indonesia Yogyakarta, kampus Kesenian Jakarta, Universitas Trisakti, hingga Politeknik Negeri Media Kreatif Jakarta.

2. Arkeologi

Arkeologi fokus pada pembelajaran gabungan antara ilmu sejarah dan ilmu geologi. Mahasiswa arkeologi akan belajar sejarah dan kebudayaan peninggalan zaman dahulu, jadi mereka akan sering keluar ruangan untuk melakukan serangkaian penelitian tentang tempat-tempat bersejarah atau situs-situs purbakala.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1635 seconds (0.1#10.140)