Tips Sukses Kuliah Jurusan Teknik, Kuasai Teknologi Terkini

Jum'at, 10 Juni 2022 - 14:48 WIB
loading...
A A A
3. Menguasai Teknologi Terkini

Jurusan teknik dikenal sering kali bersentuhan pekerjaan yang membutuhkan perangkat atau teknologi, seperti Teknik Komputer dan Teknik Informatika yang menggunakan software koding atau Arsitektur dan Sipil yang memanfaatkan aplikasi AutoCAD untuk membuat desain bangunan.

Karena itu, mahasiswa teknik harus berlatih dengan teknologi yang mereka butuhkan. Kalau perlu, menguasai lagi software yang baru di-update supaya kemampuan yang dimiliki lebih mutakhir.

4. Aktif dalam Kegiatan Diskusi dengan Teman, Senior, atau Dosen

Teknik terdiri dari permasalahan yang tidak bisa dipecahkan seorang diri. Karena itulah, usahakan memiliki teman-teman yang bisa diajak berdiskusi tentang materi atau tugas kuliah. Bila perlu, lakukan tukar pikiran dengan senior yang sudah lebih paham, dan jangan malu bertanya pada dosen apabila ada sesuatu yang tidak dimengerti.

5. Mengikuti Kegiatan Praktik Industri/Magang/Pelatihan

Materi saja tidak cukup bagi seorang mahasiswa teknik. Dibutuhkan terjun langsung ke lapangan kerja, supaya gambaran dari permasalahan dan teori yang selama ini diajarkan di kelas bisa dilihat secara jelas di depan mata. Semakin banyak pengalaman dalam industri, maka semakin siap mahasiswa tersebut untuk bergelut dengan serangkaian profesi.

Kampus tentu saja memfasilitasi mahasiswa untuk melakukan praktik dalam mata kuliah magang. Namun, jika berkenan, lakukan kegiatan praktik ini tidak hanya saat mata kuliahnya saja, tapi lakukan juga bila ada waktu luang. Selain itu, pelatihan juga sangat membantu untuk menambah wawasan dan daftar pengalaman dalam curriculum vitae (CV).

Dilansir dari berbagai sumber:
Alifia Nur Faiza/Litbang MPI
(mpw)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0924 seconds (0.1#10.140)