Tips untuk Membiasakan Anak Rajin Membaca, Nomor 1 dan 7 Harus Jadi Prioritas

Kamis, 15 Juni 2023 - 21:39 WIB
loading...
Tips untuk Membiasakan Anak Rajin Membaca, Nomor 1 dan 7 Harus Jadi Prioritas
Membaca Buku. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Beberapa ciri anak yang gemar membaca antara lain antusias ketika melihat buku, memiliki kemampuan berbahasa yang baik, dan masih banyak lagi.

Mengingat banyaknya manfaat dari membaca , maka tidak heran dalam berbagai kegiatan parenting anak disarankan bagi orang tua untuk menumbuhkan kecintaan membaca pada anak.



Bagaimana caranya? Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat Ayah Bunda Pintar coba untuk membuat anak rajin membaca:


Tipsuntuk membuat anak rajin membaca:


1. Berikan Contoh

Membuat anak gemar membaca tidak cukup hanya dengan menyuruh mereka untuk membaca saja. Anak adalah peniru ulung. Jika orang tua sering memberikan contoh melakukan aktivitas baca di rumah, maka akan lebih mudah untuk mengajak anak ikut membaca buku.


2. Atur Waktu Membaca Bersama

Membaca juga dapat dijadikan sebagai bagian dari quality time bersama anak. Misalnya dengan kegiatan read aloud atau membaca nyaring sebelum tidur. Selain membuat anak semakin cinta membaca, kegiatan ini juga dapat mempererat bonding antara orang tua dan anak,


3. Ajak ke Perpustakaan

Selain mengajak anak jalan-jalan ke mall atau ke tempat wisata di akhir pekan, cobalah agendakan untuk mengajak anak ke perpustakaan. Saat ini perpustakan-perpustakaan memiliki program-program yang menarik untuk menarik minat baca anak.


4. Membaca untuk Kesenangan

Biasanya yang membuat anak malas membaca dan menganggap membaca adalah beban yang berat karena melakukannya hanya untuk mengerjakan tugas saja.



Berikan pengertian bahwa membaca juga merupakan kegiatan yang menyenangkan dengan cara membebaskan mereka membaca buku-buku yang diminati dengan konte yang sesuai dengan usia mereka.

Setelah itu ajak anak untuk diskusi ringan tentang bacaan mereka. Anak akan merasa senang dan semakin antusias untuk membaca buku-buku kesukaan mereka lainnya.


5. Buatlah Sudut Baca

Untuk menarik anak membaca, Ayah Bunda Pinta dapat membuat salah satu sudut rumah sebagai sudut baca. Di area tersebut disediakan berbagai macam buku anak dengan dekorasi yang menarik seperti poster-poster.

Boleh juga ditambahkan selimut, bantal, kursi yang nyaman, dan jendela atau lampu sehingga anak merasa nyaman saat membaca.


6. Berikan Kemudahan Mengakses Buku

Salah satu usaha anak menjadi rajin dan gemar membaca adalah dengan memberikan kemudahan akses pada anak untuk mendapatkan bacaan. Tempatkan buku-buku di tempat yang sering disinggahi anak seperti kamar tidur, ruang tamu, atau bahkan di mobil. Jika buku ada dalam jangkauan anak, maka anak akan cenderung untuk membacanya meskipun hanya beberapa saat.


7. Beri Hadiah Berupa Buku

Hadiah adalah hal yang istimewa. Alih-alih memberikan hadiah yang mahal seperti mainan atau gadget, alangkah lebih baik lagi jika memberikan buku sebagai hadiah.

Supaya lebih berkesan, Ayah Bunda atau sang pemberi hadiah dapat menuliskan pesan-pesan dan juga meminta tanda tangan penulisnya. Dengan begitu anak merasa bahwa hadiah tersebut sama spesialnya seperti hadiah-hadiah lainnya.

Demikian beberapa tips untuk membuat anak rajin dan gemar membaca buku.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1180 seconds (0.1#10.140)