FTUI dan University of Birmingham Inggris Buka Program Double Degree

Jum'at, 16 Juni 2023 - 21:15 WIB
loading...
FTUI dan University of Birmingham Inggris Buka Program Double Degree
Gedung Fakultas Teknik Universitas Indonesia. Foto/Dok/UI
A A A
JAKARTA - Kolaborasi dan jejaring untuk mendukung internasionalisasi perguruan tinggi di Indonesia terus dikembangkan oleh Fakultas Teknik Universitas Indonesia ( FTUI ). Tidak hanya untuk program sarjana tetapi juga program magister terus dilakukan.

Kali ini FTUI bersama University of Birmingham, Inggris menuangkan kolaborasi internasional dalam perjanjian kerja sama pendidikan yang ditandatangani oleh Prof. Dr. Heri Hermansyah, S.T., M.Eng., IPU., Dekan FTUI dan Professor Robin Mason, Pro-Vice-Chancellor (International), University of Birmingham (14/6/2023).



“FTUI dan University of Birmingham sepakat untuk membuka program double degree untuk mahasiswa program sarjana dan magister dengan pola 2+2, 1+1 dan 2+2+1. Kolaborasi ini dilakukan untuk semakin meningkatkan kualitas program kelas internasional FTUI dengan menambahkan mitra-mitra universitas kelas dunia,” kata Prof. Heri.

Pada artikulasi program sarjana double degree 2+2, mahasiswa akan menjalankan perkuliahan 2 tahun di FTUI dan 2 tahun di Birmingham untuk Program Sarjana. Sementara pada artikulasi program magister double degree 1+1, mahasiswa menjalankan perkuliahan 1 tahun di FTUI dan 1 tahun di mitra untuk Program Magister. Nantinya, mahasiswa program double degree ini akan mendapatkan dua gelar dari UI dan University of Birmingham, baik gelar sarjana maupun magister.

FTUI dan University of Birmingham juga menyepakati program tripple degree Sarjana-Magister 2+2+1 dimana mahasiswa program double degree sarjana dapat langsung melanjutkan pendidikan magister 1 tahun dan lulus dengan gelar sarjana dari UI dan gelar sarjana serta magister dari University of Birmingham.



Berdasarkan perjanjian, program double degree dengan University of Birmingham akan dibuka untuk program Sarjana (2+2) untuk program studi Teknik Sipil, Teknik Kimia dan Teknik Metalurgi dan Material.

Program double degree Magister (1+1) ditawarkan untuk program studi Teknik Sipil, Teknik Mesin, Teknik Metalurgi dan Material, Teknik Kimia, dan Teknik Bioproses.

Sementara program Sarjana-Magister (2+2+1) dibuka untuk Teknik Sipil, Teknik Mesin, Teknik Elektro, Teknik Metalurgi dan Material, dan Teknik Kimia.

”Tentunya kedepannya akan kami perluas untuk dapat mencakup program studi-program studi lain di FTUI. Selain itu, University of Birmingham juga menyatakan ketertarikannya untuk mengembangkan kerjasama penelitian bersama serta pertukaran akademik untuk dosen dan mahasiswa FTUI,” tambah Prof. Heri.

Penandatanganan perjanjian kerja sama dilakukan sebagai bagian dari kunjungan kerja yang dipimpin langsung oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Universitas Indonesia, Prof. Dr. rer. nat. Abdul Haris, M.Sc. Pada kunjungan ini, delegasi UI mengunjungi 10 universitas ternama di Inggris untuk memperluas kolaborasi internasional Universitas Indonesia sebagai world class university.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2387 seconds (0.1#10.140)