BRIN dan Pushidrosal Tekankan Pentingnya Riset Kelautan Berbasis Teknologi Terkini

Rabu, 21 Juni 2023 - 21:32 WIB
loading...
BRIN dan Pushidrosal Tekankan Pentingnya Riset Kelautan Berbasis Teknologi Terkini
Ketua Dewan Pengarah BRIN Prof.Dr.(HC) Megawati Soekarnoputri menjadi pembicara dalam seminar internasional Hari Hidrografi Dunia 2023, di Jakarta, Rabu (21/6/2023). Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ketua Dewan Pengarah Badan Riset dan Inovasi Nasional ( BRIN ) Prof.Dr (HC) Megawati Soekarnoputri menyebut kerja sama antara BRIN dengan Pusat Hidro Oseanografi TNI AL (Pushidrosal) bisa berimbas positif ke sisi kelautan Indonesia.

Terlebih lagi, Pushidrosal sudah mampu memetakan apa yang disebut laut dalam di Indonesia melalui ekspedisi Jala Citra I, II, dan III.



Megawati mengatakan itu saat menjadi pembicara dalam Seminar Internasional Hari Hidrografi Dunia Tahun 2023 dengan tema “Hydrography-Underpinning The Digital Twin of The Ocean” di Gedung Balai Samudera, Kelapa Gading, Jakarta, Rabu (21/6/2023).

"Kerja sama antara Badan Riset Inovasi Nasional dengan Pusat Oceanografi TNI AL (Pushidrosal) menjadi bukti. Pushidrosal telah berhasil memetakan Laut Dalam Indonesia melalui ekspedisi Jala Citra I, II, dan III," kata Megawati.

"Hasil ekspedisi Jala Citra tersebut telah membawa Pushidrosal ke panggung dunia dengan diterimanya sebagai Anggota Tetap Hidro Oseanografi Dunia di bawah UNESCO," tambahnya.



Megawati mengatakan berbagai temuan data dan informasi laut hasil kerja sama Pushidrosal bersama BRIN nantinya bisa dimanfaatkan bagi pengembangan kegiatan ekonomi biru yang berkelanjutan.

"Saya percaya, bahwa melalui riset dan inovasi, serta kerja sama dengan seluruh stakeholders di dalam menggali semua potensi kelautan Indonesia, akan mempercepat jalan kemakmuran Indonesia," ujar Presiden kelima RI tersebut.

Megawati kemudian mengatakan penting bagi Indonesia melakukan penelitian terhadap sisi kelautan, terutama untuk mengetahui kandungan yang ada dalam perairan di Tanah Air.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2447 seconds (0.1#10.140)