Perayaan Dies Natalis dan Wisuda, SMA Pradita Dirgantara Gelar Kirab Budaya

Senin, 26 Juni 2023 - 08:27 WIB
loading...
Perayaan Dies Natalis dan Wisuda, SMA Pradita Dirgantara Gelar Kirab Budaya
SMA Pradita Dirgantara, Boyolali, gelar kirab budaya Peace Through Culture, Minggu (25/6). Kirab digelar dalam rangka memeriahkan Dies Natalis ke-5 dan perayaan kelulusan angkatan ke-3. Foto/Dok/R August
A A A
SOLO - Sekolah Menengah Atas (SMA) Pradita Dirgantara , Boyolali, Jawa Tengah (Jateng) gelar kirab budaya 'Peace Through Culture', Minggu (25/6/2023). Kirab tersebut digelar dalam rangka memeriahkan Dies Natalis ke-5 dan perayaan kelulusan angkatan ke-3.

Total ada sebanyak 146 siswa kelas 12 yang terlibat dalam kirab yang dimulai dari kawasan Ngarsopuro menuju Lodji Gandrung, Solo itu.



Kirab juga dimeriahkan oleh Wakil Wali Kota Solo, Teguh Prakosa, Pasukan Prajurit dan Korps Musik dari Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningkat (Keraton Solo) dan Merching Band dari SMA Pradita Dirgantara.

Mengenakan setelan toga wisuda lengkap dan pakaian adat dari seluruh wilayah di Indonesia, para siswa turut memeriahkan CFD Solo. Kegiatan kirab kemudian ditutup dengan pelepasan burung merpati di depan Kawasan Lodji Gandrung Solo.

Direktur Utama dan Pengembangan SMA Pradita Dirgantara, Kolonel Adm. Ari Presmena Tarigan mengatakan, pihaknya ingin mengajarkan kepada para siswanya tentang kearifan lokal melalui kegiatan ini. Kegiatan budaya seperti kirab, wilujengan adalah bagian dari kearifan lokal yang harus diketahui.



"Ketika nanti mereka menjadi duta-duta, menjadi pemimpin mereka tidak buta dengan kearifan lokal. Kami harap dengan kegiatan seperti ini mereka selalu punya kerinduan sebagai anak negeri," katanya setelah acara.

Presmena Tarigan menargetkan para siswa SMA Pradita Dirgantara yang lulus tahun 2023 ini bisa mengambil bagian penting dari generasi emas Indonesia pada tahun 2045 mendatang.

Ia menyebut bahwa kelas 12 yang ikut meramaikan kirab budaya hampir semuanya lolos SNBT UTBK 2023, yakni sebesar 87,50 persen. Mereka tersebar di 14 kampus seluruh Indonesia. Selain itu sebanyak 23 siswa dipastikan diterima di kampus di luar negeri.

"Tidak hanya lolos SNBT UTBK, cukup banyak siswa yang sekolah di Pradita itu diterima diperguruan tinggi luar negeri dengan beasiswa fully funded dari Beasiswa Indonesia Maju,"
terang Tarigan.

Melalui kirab ini, SMA Pradita Dirgantara juga mengajak seluruh warga Solo untuk hadir pada Konser Langit Benderang di Stadion Manahan, 8 Juli 2023 dan diramaikan sejumlah artis papan atas. Di antaranya Tulus, JKT48, Topik Sudirman, dan Putri Ariani yang beberapa waktu lalu menembus America's Got Talent 2023.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3011 seconds (0.1#10.140)