Sederet Jurusan Kuliah yang Bisa Kerja di Kapal Pesiar, Ini Daftarnya

Selasa, 27 Juni 2023 - 16:51 WIB
loading...
Sederet Jurusan Kuliah yang Bisa Kerja di Kapal Pesiar, Ini Daftarnya
Royal Caribbean Wonder of the Seas sebagai kapal pesiar terbesar di dunia yang mewah. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Bekerja di kapal pesiar menjadi pekerjaan impian bagi sebagian orang. Hal ini lantaran bekerja di kapal pesiar menjanjikan gaji yang cukup tinggi.

Beragam profesi di kapal bisa diisi oleh lulusan dari berbagai jurusan. Berikut adalah 3 jurusan kuliah yang bisa kerja di kapal pesiar.


Jurusan kuliah yang bisa kerja di kapal pesiar:


1. Jurusan Perhotelan

Jurusan perhotelan adalah salah satu jurusan kuliah yang bisa bekerja di kapal pesiar. Mahasiswa pada jurusan ini akan berfokus pada pengembangan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang seimbang.



Ada beberapa fokus studi yang bisa diambil dalam jurusan perhotelan, seperti manajemen front office, manajemen rumah tangga, keuangan, produksi makanan dan minuman, manajemen acara, serta penjualan dan pemasaran.

Alumni jurusan perhotelan tentunya akan memberikan profesional kepada para tamu di kapal pesiar. Kemampuan komunikasi, manajerial, bahasa asing, dan bekerja secara tim sangat diperlukan usai lulus dari jurusan perhotelan dan terjun di dunia kerja.


2. Jurusan Pariwisata

Selain jurusan perhotelan, jurusan pariwisata juga memiliki peluang untuk bekerja di kapal pesiar. Pada jurusan ini, mahasiswa akan belajar mengenai banyak hal seperti kuliner, perhotelan, dan destinasi wisata.

Jurusan pariwisata sangat menjanjikan karena industri pariwisata di Indonesia terus mengalami perkembangan.



Ada beberapa institusi pendidikan pariwisata terbaik di Indonesia yang bisa menjadi tempat pilihan belajar, seperti Politeknik Pariwisata Bali, Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung, Politeknik Pariwisata Lombok, Politeknik Pariwisata Medan, dan Politeknik Pariwisata Palembang.


3. Jurusan Nautika

Selanjutnya, ada jurusan nautika yang mempunyai kesempatan bekerja di kapal pesiar. Peserta didik yang belajar di jurusan nautika akan mempelajari merawat mesin kapal, berdasarkan standar nasional dan internasional.

Selanjutnya, jurusan nautika akan memberikan pelajaran mengenai komunikasi kemaritiman, pengaturan muatan, serta hukum kemaritiman. Jurusan ini memang diperuntukkan bagi mencetak para profesional di bidang kemaritiman.

Beberapa mata kuliah wajib yang diberikan kepada mahasiswa jurusan nautika adalah meteorologi, oseanografi, olah gerak kapal, konstruksi kapal, ilmu pelayaran astronomi, dan penentuan posisi kapal.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2201 seconds (0.1#10.140)