Selamat, Peringkat Unpad Naik Signifikan di QS WUR 2024

Rabu, 28 Juni 2023 - 09:33 WIB
loading...
Selamat, Peringkat Unpad Naik Signifikan di QS WUR 2024
Peringkat Unpad naik signifikan di QS WUR 2024 yaitu di peringkat 661 dunia atau naik lebih dari 100 peringkat. Foto/Dok/Unpad.
A A A
JAKARTA - Pemeringkatan perguruan tinggi dunia QS World University Rankings (QS WUR) 2024 telah dirilis Selasa, (27/6/2023). Universitas Padjadjaran (Unpad) tercatat mengalami kenaikan signifikan pada pemeringkatan QS WUR 2024.

Pada pemeringkatan tersebut, Unpad meraih peringkat 661 dunia atau naik lebih dari 100 peringkat dibandingkan tahun sebelumnya. “Alhamdulillah, ini pencapaian kita semua,” kata Rektor Unpad Prof. Rina Indiastuti, dikutip dari laman Unpad, Rabu (28/6/2023).

Tahun ini ada beberapa indikator yang menunjukkan peningkatan optimal pada QS WUR 2024, antara lain reputasi akademik (academic reputation) dan reputasi pemberi kerja (employer reputation).

Sementara pada indikator reputasi akademik, Prof Rina mengatakan, komponen ini menunjukkan posisi yang lebih baik dibanding tahun sebelumnya. Ini juga menandakan dosen dan peneliti di Unpad memiliki mitra (peer) internasional yang lebih kuat.

Baca juga: 10 Universitas Terbaik di Indonesia Berdasarkan QS WUR 2024

“Capaian ini menunjukkan adanya keselarasan dengan visi Unpad menjadi perguruan tinggi bereputasi dunia, dan itu memang harus makin diakui,” ungkapnya.

Sementara pada indikator reputasi pemberi kerja, Unpad telah mampu menginventarisasi dan mengidentifikasi alumninya dengan baik. Kenaikan nilai pada indikator ini menunjukkan bahwa Unpad memiliki banyak alumni yang prominen.

Hal ini menandakan bahwa pendidikan di Unpad makin baik. Rektor melanjutkan, capaian baik dari dua indikator ini menunjukkan Unpad makin mampu meningkatkan kualitas dan reputasinya bukan hanya di bidang riset dan publikasi, tetapi juga di bidang capaian dan luaran dari pembelajaran pendidikan tinggi.

Dari hasil pemeringkatan tersebut, yang perlu menjadi catatan adalah peningkatan jumlah mahasiswa asing. Saat ini, tuturnya, fokus yang dilakukan adalah meningkatkan jumlah mahasiswa asing yang melakukan studi bergelar di Unpad.

Baca juga: IPB University Luncurkan Tiga Inovasi Penelitian Unggulan Sawit 4.0
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6147 seconds (0.1#10.140)