7 Tips Memilih Jurusan Kuliah yang Tepat, Pertimbangkan Biaya dan Peluang Karier

Sabtu, 01 Juli 2023 - 07:34 WIB
loading...
7 Tips Memilih Jurusan Kuliah yang Tepat, Pertimbangkan Biaya dan Peluang Karier
Memilih jurusan saat kuliah merupakan sesuatu yang penting bagi masa depan anak dan memengaruhi pilihan kariernya nantinya. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Tips memilih jurusan kuliah yang tepat untuk anak ini wajib diperhatikan orang tua. Memilih jurusan saat kuliah merupakan sesuatu yang penting bagi masa depan anak dan memengaruhi pilihan karier nya nantinya. Yuk, simak 7 tips memilih jurusan kuliah yang tepat bagi anak agar tidak salah pilih.

1.Kenali Bakat dan Potensi Diri

Bakat atau talenta yang dimiliki anak dapat menjadi faktor pendukung untuk memilih jurusan yang tepat, dan modal kuat untuk meraih sukses di masa depan. Meski begitu kadang ada juga anak yang berbakat melukis, namun dia tidak tertarik untuk kuliah di jurusan seni, tapi lebih suka memperdalam bahasa.

2.Pahami Minat Anak

Bagi siswa SMA/SMK yang sudah memasuki tahun terakhir, memilih jurusan kuliah merupakan tantangan yang cukup rumit dan penuh pertimbangan.



Ada yang masih belum bisa menetukan minatnya, ataupun dilema dengan pilihan-pilihannya, bahkan ada pula yang masih ragu dan bingung. Melansir Bestcolleges.com, salah satu hal penting dalam memilih jurusan kuliah ada dengan mengetahui ketertarikan atau minat anak terlebih dahulu.

3.Lihat Peluang Karier


Tips memilih jurusan kuliah selanjutnya adalah dengan mempertimbangkan peluang di masa depan. Sebenarnya semua jurusan memiliki peluang masing-masing.

Namun, orang tua perlu mengarahkan anak untuk mempertimbangkan jurusan dengan prospek karier yang menjanjikan di masa depan. Salah satu caranya dengan mengamati kondisi di masa sekarang dan proyeksinya di masa mendatang. Apakah jurusan yang dipilih memiliki prospek karier yang baik nantinya.

4.Berkonsultasi dengan yang Berpengalaman
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1629 seconds (0.1#10.140)