Unesa Masuk Top 25 Kampus THE AUR 2023, Target Naik Peringkat Tahun Depan

Minggu, 02 Juli 2023 - 10:33 WIB
loading...
Unesa Masuk Top 25 Kampus THE AUR 2023, Target Naik Peringkat Tahun Depan
Universitas Negeri Surabaya (Unesa) masuk Top 25 Kampus Terbaik di Indonesia versi THE AUR 2023. Foto/Unesa.
A A A
JAKARTA - Pada pemeringkatan Times Higher Education Asia University Ranking (THE AUR) 2023 Universitas Negeri Surabaya (Unesa) masuk daftar 25 perguruan tinggi terbaik di Indonesia.

Times Higher Education (THE) merupakan lembaga pemeringkatan dan penyedia data perguruan tinggi yang terpercaya sejak 2004. Pemeringkatan ini menilai kinerja perguruan tinggi di kancah global, menghasilkan data terpadu untuk memahami misi perguruan tinggi.

THE Asia University Ranking 2023 menggunakan 13 indikator kinerja yang sama dengan THE World University Ranking. Hanya saja dikalibrasikan ulang untuk mencerminkan dan menyesuaikan keunggulan perguruan tinggi di Asia.

Penilaian perguruan tinggi didasarkan pada misi-misi utama atau tridarma perguruan tinggi; pengajaran, penelitian, dan pengabdian, transfer pengetahuan, dan pandangan internasional.

Baca juga: Pendaftaran Sarjana Terapan Unpad Masih Dibuka, Cek 14 Jurusan dan Peluang Kerjanya

Direktur Inovasi Pemeringkatan dan Publikasi Ilmiah Unesa Prof. Nadi Suprapto mengatakan, tahun ini Unesa menempati ranking ke-21 nasional. Angka ini terbilang belum maksimal dan akan menjadi motivasi untuk menaikan peringkat tahun depan.

Pihaknya menargetkan, ke depan, Unesa bisa naik posisi. Karena itu, ada beberapa strategi yang dilakukan seperti mengikuti pendampingan dengan tim pemeringkatan THE agar lebih mengetahui sistem pemeringkatan dan mengadakan bedah indikator untuk mempersiapkan terkait indikator yang terdapat dalam pemeringkatan tersebut.

“Untuk THE World University Ranking (WUR) akan diumumkan September tahun ini. Sedangkan, THE AUR berikutnya akan diumumkan tahun depan. Kami songsong THE WUR 2024 dengan posisi yang lebih bagus lagi,” harapnya, dikutip dari laman Unesa, Minggu (2/7/2023).

Guru besar FMIPA itu optimistis peringkat Unesa akan lebih bagus ke depannya. Alasannya, publikasi dalam lima tahun terakhir sejak tahun 2018 terus digenjot dan mengalami peningkatan. Ini telah memenuhi aturan pemeringkatan THE terkait batas ambang minimal yakni 150 publikasi.

Baca juga: 3 Universitas dengan Jurusan Sosiologi Terbaik di Indonesia dan Biaya Kuliahnya
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1421 seconds (0.1#10.140)