UNY Buka Prodi Baru S3 Ilmu Teknik, Intip Biaya Kuliahnya

Kamis, 06 Juli 2023 - 09:40 WIB
loading...
UNY Buka Prodi Baru S3 Ilmu Teknik, Intip Biaya Kuliahnya
Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) membuka program studi (prodi) baru S3 Ilmu Teknik. Foto/Dok/Humas UNY.
A A A
JAKARTA - Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) membuka program studi baru pada tahun akademik 2023/2024 yaitu S3 Ilmu Teknik Fakultas Teknik (FT). Ketahui juga berapa biaya kuliahnya.

Dekan FT UNY Prof. Herman Dwi Surjono mengatakan, tujuan pembukaan program studi baru S3 Ilmu Teknik ini adalah untuk memberi kesempatan masyarakat untuk mengembangkan dan memperdalam ilmunya dalam bidang teknik khususnya bidang doktoral.

“Prodi ini memiliki 10 konsentrasi, yaitu teknik elektro, teknik elektronika, teknik informatika, teknik mekatronika, teknik mesin, teknik otomotif, teknik sipil, teknik arsitektur, teknik lingkungan dan teknik industri” katanya, dikutip dari laman UNY, Kamis (6/7/2023).

Menurut Prof Herman yang bergelar Doktor dari Southern Cross University, Australia tersebut, penyelenggaraan proses pembelajaran ini sesuai tuntutan Revolusi 4.0 yang menekankan green technology dan memenuhi keinginan pasar yang sangat banyak tentang ilmu teknik.

Baca juga: Tes SMUP Unpad Digelar Online 8 Juli 2023, Dilarang Pakai Kaos Oblong

Dengan kesepuluh konsentrasi tersebut, prodi ini memiliki misi ‘Mengembangkan Ilmu Teknik Dengan Penekanan Green Technology Sebagai Respon Isu Lokal Dan Global Berbasis Teknologi Digital Yang Unggul, Kreatif Dan Inovatif Berkelanjutan’.

Selain itu juga untuk mengembangkan penelitian dan publikasi karya ilmiah bagi dosen dan mahasiswa yang mampu memberikan kontribusi teoritis, empiris, dan praktis dalam bidang ilmu teknik sesuai tuntutan Revolusi Industri 4.0, serta penta-helix pendidikan tinggi.

Link Pendaftaran dan Biaya Kuliah


Pendaftaran calon mahasiswa S3 Ilmu Teknik UNY melalui CBT Domisili, CBT Kampus dan Portofolio. Pembelajaran dilakukan secara luring maupun daring.

Biaya yang dipungut untuk studi lanjut pada S3 Ilmu Teknik UNY adalah Rp10.500.000 untuk jalur bersubsidi, Rp12.000.000 untuk jalur non regular, dan Rp13.000.000 untuk mahasiswa jalur kerja sama.

Sumbangan Pengembangan Institusi sebesar Rp3.500.000,- dibayarkan sekali pada awal semester pertama. Pendaftaran program S3 Ilmu Teknik FT UNY dapat diakses melalui pmb.uny.ac.id, sedangkan website-nya bisa dilihat pada https://s3ilmuteknik.ft.uny.ac.id.

Baca juga: 5 Kampus dengan Jurusan Teknik Kelautan Favorit di Indonesia, Kamu Pilih yang Mana?

Prospek Kerja


Lulusan S3 Ilmu Teknik UNY diharapkan menjadi calon peneliti di bidang ilmu teknik; pendidik di lingkungan akademik, pemerintahan, dan industri yang unggul pada bidang ilmu teknik; profesional pada bidang ilmu teknik seperti manajer dan direktur; dan konsultan pada bidang ilmu teknik yang unggul dan kreatif.

Metode Perkuliahan


Prodi S3 Ilmu Teknik ini mengikuti perkuliahan mixed by course dan by research untuk mempercepat penyelesaian studi. Perkuliahan teori bisa diselesaikan pada semester pertama, sedangkan semester kedua dan selanjutnya menyelesaian mata kuliah kekhususan, publikasi dan desertasi.

Pada semester pertama sudah disiapkan promotor dan kopromotor supaya mahasiswa bisa mulai melakukan penelitian, publikasi dan desertasi. Selain itu Prodi S3 Ilmu Teknik FT UNY menawarkan kelebihan tersendiri karena kurikulumnya yang dirancang hanya selama 6 semester.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1091 seconds (0.1#10.140)