7 Jenis Tes Bahasa Inggris dan Biayanya, Kamu Cocok yang Mana?

Kamis, 06 Juli 2023 - 11:39 WIB
loading...
7 Jenis Tes Bahasa Inggris dan Biayanya, Kamu Cocok yang Mana?
Tes kemampuan berbahasa Inggris sangat penting untuk mengasah keterampilan berbahasa Inggris secara tertulis dan lisan untuk menunjang karier di masa depan. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Bagi Anda yang ingin lancar berbahasa Inggris , 7 jenis tes Bahasa Inggris beserta estimasi biayanya ini perlu disimak. Memiliki ilmu dan pengetahuan dalam bahasa Inggris punya banyak manfaat dan keuntungan.

Keterampilan berbahasa Inggris secara tertulis dan lisan dapat membantu kita untuk mendapatkan pendidikan dan karier yang lebih baik. Dalam mencapai goals tersebut, memang diperlukan banyak belajar, latihan, hingga tes sebagai syarat untuk melanjutkan pendidikan dan karier yang ingin dicapai. Dirangkum dar berbagai sumber, berikut 7 jenis tes bahasa Inggris dan juga biayanya

7 Jenis Tes Bahasa Inggris Beserta Biayanya

1.TOEFL (Test of English as a Foreign Language)

TOEFL adalah tes bahasa Inggris untuk non-native speaker atau bukan penutur asli dengan dasar American English. Biasanya TOEFL digunakan untuk mendaftar pekerjaan dan mendaftar di universitas yang berbahasa Inggris di Indonesia dan Amerika. TOEFL terbagi menjadi 4 jenis tes, yaitu:

• PBT (Paper-Based Test)

Jenis tes yang biasanya dilakukan di institusi pendidikan, lembaga bahasa, dan tempat kursus atau les. Tes ini dilakukan seperti tes biasa dengan datang ke tempat dan mengerjakan soal yang sudah dicetak, serta mengisi jawabannya di lembar yang sudah disediakan. Durasi TOEFL PBT kurang lebih 3 jam dengan tes listening, structure & written expression, writing comprehension, dan writing. Skor untuk tes ini adalah 310-667.

• CBT (Computer-Based Test)

Jenis tes yang dilakukan di komputer dan datang langsung ke tempat tes. Namun, TOEFL CBT mulai kurang populer karena adanya tes iBT (Internet-Based Test). Pada tes ini, peserta tidak bisa mengulang pertanyaan sebelumnya jika tertinggal. Durasi pengerjaan soal sekitar 4 jam, sudah termasuk membaca petunjuk. Skor untuk tes ini adalah 30-300.

• iBT (Internet-Based Test).

Mulai populer sejak 2005, jenis tes ini menggantikan tes paper-based dan computer-based. Sebenarnya format soal yang diberikan sama dengan paper-based, namun tanpa kategori structure. Sehingga, inilah yang menjadi perbedaan utama antara PBT dan iBT.

Selain itu, yang membedakan tes iBT juga dapat dilihat dari susunan pertanyaannya yang mencakup kategori reading, listening, speaking, dan writing. Total durasi TOEFL iBT kurang lebih 3 hingga 4 jam. Skor tertinggi yang didapatkan untuk tes ini adalah 120.

• ITP (Institutional Testing Program)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2171 seconds (0.1#10.140)