PLN Buka Lowongan Kerja Khusus Lulusan Diaspora, Apa Artinya?

Kamis, 06 Juli 2023 - 12:32 WIB
loading...
PLN Buka Lowongan Kerja Khusus Lulusan Diaspora, Apa Artinya?
Barack Obama berpidato dalam Kongres Diaspora Indonesia. Diaspora adalah orang yang meninggalkan tanah kelahirannya untuk pergi ke negara lain untuk suatu keperluan. Foto/antara
A A A
JAKARTA - Arti kata diaspora perlu dijelaskan biar tak salah memahami. Kata diaspora kembali mencuat menyusul adanya lowongan kerja di PT Perusahaan Listrik Negara (PLN Persero) di bulan Juli ini. Dalam pembukaan lowongan kerja itu disebutkan bahwa PT PLN membuka lowongan kerja S1 dan S2 khusus diaspora. Berikut ulasan arti kata diaspora:

Apa Itu Diaspora?

Diaspora adalah warga negara Indonesia yang tinggal di luar negeri.Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), diaspora adalah masa tercerai-berainya suatu bangsa yang tersebar di berbagai penjuru dunia dan bangsa tersebut tidak memiliki negara, misalnya bangsa Yahudi yang tersebar di seluruh dunia.

Namun, diaspora juga memiliki arti lain, yaitu orang-orang yang lahir dan berdarah Indonesia yang menetap sementara di negara asing.Dikutip dari laman Kementerian Luar Negeri, ada golongan tertentu yang diakui sebagai diaspora Indonesia.Hal itu jika merujuk pada Peraturan Presiden Nomor 76 Tahun 2017, pemerintah mengakui orang-orang sebagai diaspora bangsa Indonesia, adalah sebagai berikut:

• WNI (Warga Negara Indonesia)

• WNA (Warga Negara Asing)

• Anak WNI

• Eks WNI

• Anak dari Eks WNI



Di sisi lain, dalam tulisan karya I Nengah Suantra dan Made Nurmawati berjudul Diaspora dan Kewarganegaraan,ada 4 kategori diaspora Indonesia.

1. Orang Indonesia yang punya paspor Indonesia
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1744 seconds (0.1#10.140)