Unpad Luncurkan Program RPL di Jenjang Magister, Cek Jurusan Kuliahnya

Kamis, 06 Juli 2023 - 17:37 WIB
loading...
Unpad Luncurkan Program RPL di Jenjang Magister, Cek Jurusan Kuliahnya
Unpad meluncurkan program RPL di jenjang Magister di empat jurusan kuliah. Foto/Dok/Unpad.
A A A
JAKARTA - Unpad meluncurkan program Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) sebagai bagian dari jalur penerimaan mahasiswa baru Magister. Tahun ini ada empat program studi Magister yang dibuka untuk program ini.

Menurut Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Universitas Padjadjaran (Unpad) Prof. Arief Sjamsulaksan Kartasasmita, program RPL dibuka untuk memfasilitasi para ahli atau praktisi yang memiliki kemampuan tetapi belum ada pengakuan dari lembaga pendidikan formal.

Diharapkan, para lulusan dapat turut berkontribusi dalam kemajuan bangsa dan negara. “Program RPL ini merupakan salah satu bentuk bagaimana kita dapat melakukan suatu perluasan akses bagi masyarakat agar mendapat pengakuan terhadap keilmuan yang ia dapatkan walaupun itu tidak semua didapatkan dari proses pendidikan,” katanya, dikutip dari laman Unpad, Kamis (6/7/2023).

Baca juga: 7 Universitas dengan Jurusan Teknik Industri Terbaik di Indonesia, Ada Kampus Pilihanmu?

4 Program Studi RPL Magister Unpad


Tahun ini ada empat program studi Magister yang membuka program Rekognisi Pembelajaran Lampau, yaitu:

1. Ilmu Kesehatan Masyarakat (daya tampung 40 orang)
2. Ilmu Pemerintahan (daya tampung 30 orang)
3. Kesejahteraan Sosial (daya tampung 10 orang)
4. Akuntansi (daya tampung 15 orang).

Bukan Program Bagi-bagi Ijazah


Prof. Arief menegaskan, RPL bukanlah program “bagi-bagi ijazah”. Program RPL Unpad akan terjamin kualitas pendidikan dan lulusannya. Dalam proses rekognisi, Unpad memperhatikan kompetensi dan kemampuan yang ada dari para pengusung sehingga dapat terus mengedepankan kualitas.

“Ke depan, program ini akan terus kita perluas, sehingga nanti kapasitas program Rekognisi Pembelajaran Lampau akan terus kita tingkatkan," ungkap Prof. Arief.

Program Studi Terakreditasi A


Kepala Kantor SMUP Ir. Anas menegaskan bahwa RPL adalah jalur masuk baru program pendidikan Magister di Unpad, dan bukan prodi baru. Magister RPL diselenggarakan oleh program studi- program studi yang telah terakreditasi A.

Baca juga: 6 Kampus dengan Jurusan Data Science Favorit di Indonesia, Ada Kampusmu?

Lebih lanjut Anas mengatakan, proses pendaftaran, persyaratan, dan informasi penting program ini dapat dilakukan melalui website smup.unpad.ac.id. “Untuk masalah pendaftaran silakan ke website kami, nanti di situ ada highlight tentang program ini,” pungkasnya.

Keunggulan Program RPL Magister Unpad


Direktur Pendidikan dan Internasionalisasi Mohamad Fahmi mengatakan, program RPL akan memberikan sejumlah manfaat bagi masyarakat.

Program ini akan memberikan pengakuan pengalaman belajar sebelumnya yang didapat melalui pengalaman kerja, pendidikan non-formal, atau pendidikan informal.

Selain itu, pembelajaran juga akan lebih relevan dengan masyarakat, sehingga mendorong pembentukan jaringan kerja sama dengan industri. Program ini juga dapat memfasilitasi akses ke pendidikan lanjutan atau yang lebih tinggi.

Fahmi juga menilai program ini lebih hemat waktu dan biaya karena peserta tidak perlu mengulang pelajaran atau modul yang telah mereka kuasai.

“Banyak pengalaman yang sudah diperoleh ketika bekerja dan ketika kuliah mungkin sudah tidak perlu lagi dipelajari, tinggal beberapa hal saja yang harus dipelajari sehingga bisa hemat waktu dan biaya,” ujar Fahmi.

Fahmi mengatakan, semester depan diperkirakan akan lebih banyak program studi dan daya tampung untuk program RPL.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1080 seconds (0.1#10.140)