3 Kampus Populer dengan Jurusan Teknik Geodesi Terbaik di Indonesia

Sabtu, 08 Juli 2023 - 12:09 WIB
loading...
3 Kampus Populer dengan Jurusan Teknik Geodesi Terbaik di Indonesia
Universitas Gadjah Mada (UGM) menjadi salah satu perguruan tinggi Tanah Air yang menyediakan jurusan Teknik Geodesi. Mengutip laman resminya, program studi ini mendapat akreditasi Unggul BAN-PT. Foto/laman Teknik Geodesi UGM
A A A
JAKARTA - Terdapat sedikitnya tiga kampus populer dengan jurusan Teknik Geodesi terbaik di Indonesia. Semuanya memiliki akreditasi Unggul dari BAN-PT.

Jurusan Teknik Geodesi mungkin terdengar asing bagi sebagian orang. Program studi ini memang tidak sepopuler jurusan seperti Kedokteran, Ekonomi, Hukum, dan lainnya.

Meski demikian, sejumlah perguruan tinggi di Tanah Air telah memiliki jurusan ini. Singkatnya, Teknik Geodesi adalah cabang ilmu geologi yang mempelajari tentang pengukuran serta perepresentasian dari bumi dan benda-benda langit. Berikut sejumlah kampus populer dengan jurusan Teknik Geodesi terbaik di Indonesia yang perlu diketahui.

Kampus dengan Jurusan Teknik Geodesi Terbaik di Indonesia

1. Universitas Gadjah Mada (UGM)

Universitas Gadjah Mada (UGM) menjadi salah satu perguruan tinggi Tanah Air yang menyediakan jurusan Teknik Geodesi. Mengutip laman resminya, program studi ini mendapat akreditasi Unggul BAN-PT.

Lulusan Teknik Geodesi UGM diharapkan bisa menerapkan serta mengembangkan iptek yang berbasis pada peralatan modern geodesi dan geomatika, seperti melakukan survei, pengukuran variabel geodesi, hingga mengolah data informasi kebumian untuk kepentingan penyusunan sistem informasi.

Terkait prospek kerja, alumni jurusan ini bisa bekerja di berbagai sektor, termasuk lembaga pemerintah seperti Kementerian Pekerjaan Umum, Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional, dan lainnya.

2. Institut Teknologi Bandung (ITB)

Berikutnya ada Institut Teknologi Bandung (ITB). Kampus ini memiliki program studi Teknik Geodesi dan Geomatika.Mengutip laman resminya, program studi Teknik Geodesi telah berdiri sejak tahun 1950. Dulunya, jurusan ini sempat menjadi bagian dari Departemen Sipil sebelum akhirnya menjadi departemen tersendiri.

Pendidikan dan pelatihan sumber daya manusia guna mendukung pekerjaan kadaster dan administrasi tanah menjadi faktor utama dari tujuan pembentukan program pendidikan geodesi. Nama program studi berubah menjadi Teknik Geodesi dan Geomatika sejak tahun 2003.



Terkait prospek kerjanya, lulusan Teknik Geodesi dan Geomatika ITB bisa bekerja di berbagai bidang yang memerlukan informasi geospasial, mulai dari proses akuisisi (survei dan pemetaan), pembangunan sistem informasi, hingga layanan masyarakat di berbagai instansi pemerintah.

Program S1 Teknik Geodesi dan Geomatika ITB memiliki akreditasi Unggul BAN-PT. Adapun masa berlakunya dimulai sejak 29 September 2020 hingga 30 September 2024 mendatang.

3. Universitas Diponegoro (Undip)

Terbentuknya program studi Teknik Geodesi Universitas Diponegoro didorong gagasan dan keyakinan untuk menghadapi tantangan. Berdirinya jurusan ini didasarkan pada Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi No.3774/D/T/2004 yang ditetapkan pada tanggal 15 September 2004.



Lulusan Teknik Geodesi dibutuhkan di berbagai sektor pekerjaan, termasuk di lingkup Instansi Pemerintah. Di antaranya seperti Badan Pertanahan Nasional (BPN), Badan Informasi Geospasial (BIG), dan lainnya.

Sedangkan di sektor swasta, terdapat seperti Konsultan Perencana, Perusahaan Minyak dan Gas Bumi (Nasional atau Asing), Perusahaan Pertambangan, Perusahaan Properti dan lain-lain. Terkait akreditasi, Teknik Geodesi Universitas Diponegoro memiliki predikat Unggul. Adapun predikat ini berlaku sejak 30 Mei 2022 hingga 31 Mei 2025.

Itulah sejumlah kampus populer dengan jurusan Teknik Geodesi terbaik di Indonesia.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1247 seconds (0.1#10.140)