Ini Biaya Kuliah Termurah di 5 PTN, Nomor 4 Bikin Kaget

Senin, 10 Juli 2023 - 08:00 WIB
loading...
Ini Biaya Kuliah Termurah di 5 PTN, Nomor 4 Bikin Kaget
Ilustrasi biaya kuliah termurah di 5 PTN. (Foto: Freepik/8photo)
A A A
JAKARTA - Biaya kuliah termurah seringkali menjadi salah satu indikator yang dipertimbangkan para calon mahasiswa ketika ingin mendaftar Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Kamu perlu tahu, PTN mana saja yang memiliki biaya kuliah termurah, tapi tetap menawarkan kualitas pendidikan yang sangat baik.

Biaya kuliah di PTN disebut juga dengan Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang dibayarkan setiap enam bulan sekali, atau setiap semester. Kebijakan UKT tiap mahasiswa akan berbeda-beda, tergantung kemampuan ekonomi mahasiswa.

Beberapa PTN dikenal memiliki biaya kuliah murah dan terjangkau berdasarkan referensi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru Tahun 2023. Berikut informasinya yang dirangkum dari berbagai sumber.

Biaya Kuliah Termurah di 5 PTN

1. Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)

UNY termasuk salah satu PTN dengan biaya kuliah termurah. Mahasiswa yang berkuliah di kampus dengan tujuh fakultas ini dapat dikenakan biaya terendah pada UKT I, yakni Rp500 ribu yang berlaku pada hampir seluruh jurusan.

Sementara itu, biaya paling tinggi berlaku pada UKT VII, yaitu pada jurusan di fakultas teknik yang dapat mencapai Rp6,3 juta. Namun, bagi mahasiswa S1 UNY yang diterima melalui jalur Seleksi Mandiri (SM), akan dikenakan minimal UKT III dan Uang Pangkal Pengembangan Akademik (UPPA).

2. Universitas Trunojoyo

Biaya kuliah termurah di PTN selanjutnya dimiliki oleh Universitas Trunojoyo. Universitas ini mempunyai tujuh fakultas dengan besaran golongan UKT yang sama. UKT di Universitas Trunojoyo terbagi dalam enam golongan dengan golongan terendah sebesar Rp500 ribu, sedangkan yang tertinggi sebesar Rp3 juta.

Bagi mahasiswa yang berasal dari jalur mandiri Universitas Trunojoyo, akan dikenakan biaya kuliah pada UKT tertinggi atau Rp3 juta untuk semua jurusan. Selain UKT, mahasiswa jalur mandiri juga diwajibkan membayar Uang Pengembangan dengan besaran bervariasi sesuai jurusan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1612 seconds (0.1#10.140)