Perbedaan Jenis KRS yang Wajib Diketahui Mahasiswa, Biar Tak Bingung Memulai Kuliah

Senin, 10 Juli 2023 - 10:40 WIB
loading...
Perbedaan Jenis KRS yang Wajib Diketahui Mahasiswa, Biar Tak Bingung Memulai Kuliah
Sejumlah mahasiswa sedang mengisi KRS di kampusnya. Berdasarkan kegunaanya, KRS memiliki tiga jenis yakni KRS Paket, Mandiri dan KRS Semi Mandiri. Foto/laman UNISNU Jepara
A A A
JAKARTA - Istilah Kartu Hasil Studi (KRS) mungkin masih sangat asing terdengar di telinga mahasiswa baru. KRS ini menjadi hal penting di awal studi mahasiswa baru sebelum memulai kuliah.

Pada dasarnya KRS memiliki beberapa jenis di mana antar jurusan Perguruan Tinggi mungkin berbeda sehingga wajib diketahui para mahasiswa baru .Perbedaan KRS ini dilatarbelakangi oleh program studi yang dimiliki setiap kampus.Dirangkum dari berbagai sumber, berikut perbedaan jenis KRS di kampus

Berdasarkan Kegunaannya Jenis KRS Dibedakan Menjadi Tiga Macam Yakni:

1. KRS Paket

KRS paket ini mahasiswa tak perlu ribet melakukan KRS mulai semester dua hingga akhir. Kamu cukup terima jadi mata kuliah yang akan diikuti selama satu semester.

2. KRS Mandiri

Perbedaan Jenis KRS yang Wajib Diketahui Mahasiswa, Biar Tak Bingung Memulai Kuliah

Foto/ist

Berbeda dengan sebelumnya, KRS mandiri bisa dilakukan oleh mahasiswa sendiri sesuai dengan panduan mata kuliah akademik.
Jadi mahasiswa hanya diberi list mata kuliah yang akan diikuti pada semester tersebut. Namun mahasiswa harus memilih kelas yang akan diikuti.


3. KRS-Semi Mandiri

KRS semi mandiri merupakan gabungan antara KRS mandiri dan KRS paket. Beberapa mata kuliah sudah tersedia dan dipaketkan oleh pihak akademik. Namun ada beberapa mata kuliah yang harus kamu pilih.

Bagaimana Menyusun KRS dengan Benar?

Agar kuliah menjadi lebih asyik dan menyenangkan, kamu harus memiliki strategi saat menyusun KRS tersebut. Berikut adalah tak-tik yang bisa kamu lakukan:

1. Memperhatikan Jatah SKS

Agar bisa leluasa mengambil KRS, kamu harus memperhatikan jatah SKS pada semester itu. Jika kamu mendapatkan jatah 24 SKS maka kamu bisa menghabiskan jatah tersebut dengan baik.



Namun, jika kampus kamu menganut KRS paket, maka kamu bisa mengikuti seluruh paket KRS yang ada. Jadi kamu tak perlu ribet lagi deh memilih mata kuliah yang ada.

2. Melakukan Evaluasi Kartu Hasil Studi (KHS) pada Semester Sebelumnya

Untuk mengetahui mata kuliah apa yang kamu ambil, kamu harus melakukan evaluasi hasil KHS semester sebelumnya. Di situ kamu bisa mengetahui mata kuliah apa saja yang perlu diperbaiki.

3. Susun Prioritas Mata Kuliah dan Ketersediaan Kuota Mahasiswa

Jika kamu memiliki mata kuliah yang harus diulang, maka kamu bisa memprioritaskan mata kuliah tersebut. Setelah itu kamu bisa memilih mata kuliah yang wajib dilakukan pada semester ini. Jangan lupa konsultasikan kepada dosen terkait

Adanya kurikulum berbeda di perkuliahan dan SMA ini memang wajib diperhatikan dengan baik. Jika kamu sudah memahami dengan baik, maka seluruh kegiatan perkuliahan bisa berjalan dengan lancar.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3635 seconds (0.1#10.140)