Tips Sukses Membuat Essay Beasiswa Pendidikan, Pelajari Yuk Biar Lolos

Kamis, 13 Juli 2023 - 18:30 WIB
loading...
Tips Sukses Membuat Essay Beasiswa Pendidikan, Pelajari Yuk Biar Lolos
Mahasiswa yang akan mendaftar beasiswa pendidikan biasannya diwajibkan membuat tulisan essay. Tulisan essay digunakan untuk melihat kepribadian si pemohon beasiswa. Foto/Ista
A A A
JAKARTA - Cara membuat essay ini perlu disimak bagi kamu yang akan mendaftar beasiswa. Ketika kamu ingin mendaftarkan diri untuk mendapatkan beasiswa kuliah, tentunya kamu harus mengetahui terlebih dahulu cara membuat essay.

Pasalnya, kamu akan diminta untuk membuat essay ketika mendaftarkan diri. Dokumen yang satu ini diminta sebagai penilaian untuk melihat kepribadian kamu. Untuk info lebih jelasnya seputar cara membuat essay beasiswa serta seluk beluk tentang essay bisa kamu baca di bawah ini.

Berikut Cara Biar Sukses Membuat Essay Beasiswa Pendidikan

Apa Itu Essay?

1.Essay adalah karangan prosa yang isinya membahas suatu permasalahan secara sepintas dari sudut pandang pribadi penulisnya

2. Bersifat informal dan formal, essay merupakan salah satu jenis karya tulis yang berisikan kombinasi antara fakta dan opini.

3.Essay lebih bersifat subjektif dari sudut pandang penulisnya yang bersifat analitis, spekulatif, dan interpretatif.

4.Tak hanya itu saja, essay juga bisa mencakup narasi yang berisikan argumen atau kritik hingga sastra dari pengamatan kehidupan sehari-hari dan refleksi si penulis.

Ini Langkah Langkah Membuat Essay

1. Tentukan tema atau pembahasan

Pertama-tama kamu harus menentukan terlebih dahulu tema atau pembahasan yang kamu inginkan. Setelah menentukan tema utamanya, selanjutnya tentukan poin-poin yang ingin kamu bicarakan.

2. Buatlah outline atau kerangka

Setelah mengetahui poin-poin yang ingin dibahas, selanjutnya buatlah outline atau kerangka berpikir untuk mempermudah kamu dalam mengembangkan ide-ide yang akan dibahas.

3. Buatlah intro
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1274 seconds (0.1#10.140)