Contoh Teks Eksplanasi Beserta Struktur dan Cirinya, Pelajari Yuk Biar Cakap Membaca

Jum'at, 14 Juli 2023 - 15:44 WIB
loading...
Contoh Teks Eksplanasi Beserta Struktur dan Cirinya, Pelajari Yuk Biar Cakap Membaca
Aktivitas membaca menjadi sebuah hal yang sering dilakukan saat di mana saja. Salah satu teknik membaca adalah teks ekplanasi. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Membaca menjadi sebuah hal yang sering dilakukan saat Anda dimana saja. Semenjak duduk di bangku sekolah mungkin Anda sudah sering mendengar tentang teks eksplanasi, Namun apa sebenarnya pengertian dari teks eksplanasi tersebut? Kami akan membahasnya untuk Anda.

Pengertian Teks Eksplanasi

Teks eksplanasi adalah jenis teks yang bertujuan untuk menjelaskan atau menguraikan suatu fenomena atau peristiwa secara objektif dan rinci.Teks ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada pembaca mengenai suatu hal yang mungkin belum mereka ketahui sebelumnya. Dalam teks eksplanasi, informasi yang disajikan harus berdasarkan fakta dan data yang dapat dipercaya.

Oleh sebab itu penulis harus menjelaskan peristiwa secara detail dan jelas agar tulisan mudah dipahami oleh pembaca. Tentunya penulisan harus dibuat secara singkat dan padat untuk merangkum suatu kejadian.

Struktur Teks Eksplanasi

Pernyataan Umum atau Identifikasi Fenomena

Dalam bagian ini Anda menjelaskan sesuatu secara umum. Hal tersebut berkaitan dengan sosial, budaya ataupun fenomena alam. Ciri dari pernyataan umum adalah menggunakan kata ‘adalah’ dan ‘ialah’ di kalimatnya, ciri tersebut merupakan teks eksplanasi.

Urutan Sebab Akibat atau Penggambaran Rangkaian Kejadian

Setelah Anda mengetahui gambaran umum sebuah teks eksplanasi, di bagian ini akan membahas proses kejadiannya sebuah fenomena. Dalam bagian ini akan menjawab pertanyaan “bagaimana” atau “mengapa”

Penjelasan atau Isi

Dalam bagian ini berisikan tentang bagaimana sebuah fenomena bisa terjadi. Tidak hanya itu bagian ini juga menjelaskan tentang apa dampak yang ditimbulkan dan penjelasanya.

Ulasan atau Interpretasi

Bagian ini berupa kesimpulan dari sebuah teks eksplanasi atau tulisan tentang konsekuensi atas kejadian yang dituliskan sebelumnya.

Contoh Teks Eksplanasi dan Strukturnya

Contoh Teks Eksplanasi 1

Sejarah Kabupaten Bandung

Kabupaten Bandung memiliki sejarah pemerintahannya yang dimulai sejak Piagam Sultan Agung Mataram pada tanggal 20 April 1641. Tanggal ini kemudian ditetapkan sebagai hari jadi Kabupaten Bandung.

Sebelum mencapai bentuk pemerintahan saat ini, Kabupaten Bandung mengalami perkembangan kekuasaan dari masa ke masa.
Pada masa Kerajaan Pajajaran yang berkuasa, sekitar akhir abad ke-15 dan awal abad ke-16, di Tatar Priangan belum terdapat bentuk kabupaten, melainkan terdiri dari beberapa keprabuan. Istilah "keprabuan" berasal dari kata "prabu" yang berarti "leluhur" atau "raja muda".
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2079 seconds (0.1#10.140)